Selama Puasa Ramadan, Jangan Lupa Jaga Pola Makan dan Tetap Rajin Olahraga

Yoga Prakoso | 24 April 2021 | 01:21 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Puasa di tengah pandemi Covid-19 bukan hal mudah namun bisa kita jalani dalam sabar sekaligus ikhlas. Kuncinya, pertahankan penerapan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan dengan beragam langkah sederhana. Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia, Mury Kuswary, menjelaskan konsumsi makanan bergizi dan lezat di bulan Ramadan sangat penting. Selama puasa di tengah wabah, tubuh butuh lebih banyak konsumsi makanan bergizi seimbang.

“Agar kebutuhan nutrisi tercukupi saat puasa maka makanan bergizi yang kita miliki harus enak, sehingga nafsu makan meningkat. Kelezatan bisa didapat dengan menambahkan bumbu umami,” ujar Mury dalam siaran pers yang kami terima, pekan ini. Ia lantas menyebut tiga langkah mudah menjaga kesehatan selama puasa di tengah wabah. Pertama, jaga pola makan. Kedua, tetap rutin olahraga untuk mengurangi level stres. Ketiga, tingkatkan ibadah. Selama puasa, terjadi defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah.

“Perubahan itu berupa penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon, yang memaksa tubuh memakai lemak sebagai sumber energi saat beraktivitas. Tetaplah rajin olahraga tapi perhatikan jenis dan waktunya. Olahraga 3 sampai 5 kali per minggu dengan intensitas sedang-tinggi. Gabungkan cardio dan olahraga beban ringan. Jadikan 20 sampai 60 menit setiap sesi akan ideal untuk Anda,” papar Mury. Terkait makanan enak sekaligus sehat, Anda bisa kunjungi situs dapurumami.com dan kachimeshi-indonesia.com.

“Semua orang bisa mendapat berbagai inspirasi menu enak dan bergizi seimbang di website Dapur Umami dan Winning Meals Kachimeshi. Anda bisa mengaplikasikannya untuk menu buka dan sahur, agar tetap sehat saat berpuasa,” kata Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait