"Descendants of the Sun" Mengembalikan Kejayaan K-drama

Rizki Adis Abeba Sabtu, 16 April 2016 09:00:31
Descendants of the Sun (dok. Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak banyak serial drama Korea (K-drama) yang fenomenal beberapa tahun belakangan. Rekor tertinggi pencapaian rating dipegang serial My Love from the Star (SBS), yang menutup episode terakhir dengan rating 28,1 persen pada Februari 2014 silam.

Sekarang rekor tersebut dipecahkan serial Descendants of tfhe Sun (DOTS) yang tayang di KBS. Menurut laporan lembaga survei Nielsen Korea, episode ke-11 Descendants of the Sun berhasil menembus angka 40,9 persen di area metropolitan dan 38,3 persen skala nasional.

Descendants of the Sun seolah membangkitkan dunia K-drama yang sedang stagnan. Tahun lalu, nyaris semua drama berlalu tanpa kesan mendalam. Boleh dibilang tahun lalu tahunnya variety show Superman Returns, yang menjuarai rating acara Minggu sore selama 50 pekan. 

Descendants of the Sun mencetak prestasi fenomenal: rating fantastis menembus 40 persen di Korea, ditonton lebih dari seratus juta orang rata-rata per episode di media video streaming iQiyi milik Tiongkok dengan nilai hak siar 250-300 ribu dolar AS (3,2-3,9 miliar rupiah) per episodenya, dan dibeli 100 ribu dolar AS (1,3 miliar rupiah) per episode oleh Jepang.

Di laman video streaming Viki.com yang menayangkan Descendants of the Sun secara eksklusif, serial ini mendapat rating 9,8, dan menjadi drama paling dicari.

Khusus di Jepang, Descendants of the Sun sukses mendongkrak harga jual K-drama dan meningkatkan antusiasme masyarakat Jepang terhadap K-drama, yang sebelumnya surut akibat kegagalan Love Rain (2012). Serial yang dibintangi Jang Geun Suk dan YoonA dibeli dengan nilai 300 ribu dolar AS (3,9 miliar rupiah) per episode.

Padahal, saat itu harga pasaran drama Korea berkisar 200 ribu dolar AS per episode. Sayangnya Love Rain mengecewakan. Kisahnya datar, kurang gereget.

Belum lagi, sentimen Jepang terhadap Korea yang dipicu sengketa Pulau Dokdo kian merenggangkan hubungan diplomasi Jepang-Korea. Semenjak itu, drama Korea dihargai kurang dari 100 ribu dolar AS per episode, hingga Descendants of the Sun datang.

 

(riz/gur)

 

 

Penulis Rizki Adis Abeba
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.