Kakak-Adik Genius Mischka dan Devon Gelar University War bersama Mensa Indonesia

Vallesca Souisa | 28 Maret 2024 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apa jadinya ketika orang-orang dengan IQ tertinggi di Indonesia berkumpul dalam satu ruangan? Pastinya seru dan menginspirasi! Mensa Indonesia bersama kakak-beradik genius Mischka Aoki (15) dan Devon Kei Enzo (14) menggelar acara “University War Mensa Edition” dalam momen Buka Puasa Bersama, di bulan suci Ramadahan.

 “University War Mensa Edition” terinspirasi dari sebuah reality show Korea terkini dan populer, tentang pertarungan intelijen. Perbedaan sekaligus keunikannya, Mischka dan Devon – yang dilantik menjadi Friends of Mensa Agustus 2023 lalu – mentransformasi konsep ini ke dalam kemasan “pertarungan intelektual” yang menantang dan edukatif.  Di sini, Mischka dan Devon merancang 3 jenis putaran permainan, dengan beragam tantangan yang menguji kemampuan matematika, logika, team work, serta ketrampilan memecahkan masalah.

 Pesertanya adalah para anggota Mensa Indonesia dari beragam usia, profesi, dan latar belakang dengan kemampuan intelektual di atas rata-rata. Mereka dibagi dalam 3 tim, yang masing-masing terdiri dari 4 anggota Mensa.  Antar tim bersaing menyelesaikan tantangan-tantangan yang diberikan Mischka dan Devon.

 “Acara ini merupakan kolaborasi visi dan misi Mensa dengan Mischka dan Devon, untuk mendorong sekaligus mengembangkan kegiatan terkait intelektualitas, yang berdampak positif bagi Indonesia. Kami yakin, Mensa Indonesia bersama-sama Mischka dan Devon, dapat menciptakan generasi baru untuk mendukung Indonesia Emas 2045,” Ucap Chairman Mensa indonesia, Satriadi Gunawan dan Director of Strategic Partnership Mensa Indonesia, Budi Handoko.

“Kami berdua sangat bersyukur bisa bergabung dengan komunitas Mensa, dan berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki kemampuan dan potensi yang sangat hebat dari background yang berbeda-beda,” ucap Mischka.

All member MENSA INDONESIA

 University War ini, baru salah satu  inovasi dari sekian ide kreatif yang akan digelar selanjutnya.  “Kami berharap, bersama Mensa Indonesia bisa menggelar kegiatan-kegiatan yang positif seperti acara University War ini, dan semoga bersama sama bisa mendukung perkembangan generasi muda Indonesia dengan makin baik lagi kedepannya” tambah Devon.

“Apa Saja Keseruan Permainan Intelektual di “University War Mensa Edition?”

 Seperti apa sih, tantangan-tantangan di Universiy War Garapan Mischka-Devon? Beberapa contoh tantangan yang seru di antaranya, “4 Numbers Game”. Dalam sesi tantangan ini, para peserta harus menggunakan 4 angka yang disediakan, untuk mendapatkan suatu angka yang sudah ditentukan dengan menggunakan instrumen matematika seperti; penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian dalam waktu singkat yang telah ditetapkan.

 Setelah bermain dengan angka, di babak terakhir peserta akan menghadapi “Einstein’s Riddle”. Kali ini yang diuji adalah kemampuan berlogika. Bagaimana setiap kelompok harus memecahkan teka-teki berbasis logika, yang digunakan sebagai tolak ukur dalam evaluasi algoritma komputer, untuk memecahkan suatu masalah.

Sebagai figur publik muda di bidang edukasi, Mischka dan Devon selama ini memang dikenal di kalangan remaja, konten-konten belajarnya yang menyenangkan. Matematika menjadi lebih bersahabat, atau Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dipraktekkan dan dimengerti. Adanya “University War Mensa Edition” yang mereka rancang ini, menjadi inspirasi dan sebuah hiburan yang edukatif.

 Apa Itu MENSA?

Mensa adalah sebuah komunitas internasional yang menghimpun individu dengan kemampuan intelektualitas luar biasa atau IQ di atas rata-rata ( Top 2% ) dari beragam latar belakang, profesi, dan usia. Kali pertama Mensa didirikan pada 1946 di Inggris oleh Roland Berril dan Dr Lancelot Ware. Komunitas ini terus  berkembang, hingga kini memiliki 134 ribu anggota di seluruh dunia.

Mensa Indonesia sendiri didirikan pada 1990 oleh beberapa mensan (anggota Mensa International, British Mensa, American Mensa) di Indonesia, seperti Paul Erickson, Sariputra Sumana, Thomas Hanan Thoha, Tut Sayogya, Cyanne Budiharjo, dan lain-lain.

Mischka dan Devon dilantik Mensa Indonesia menjadi “Friends of Mensa” pada Agustus 2023. Duo berprestasi pemenang lebih dari 100 medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional ini menerima Pin Friends of Mensa dari Chairman Mensa Indonesia, Satriadi Gunawan.


Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait