Jokowi: Pemerintah akan Basmi Teroris Sampai ke Akar

TEMPO | 15 Mei 2018 | 11:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi menegaskan pemerintah akan melawan dan menindak tegas pelaku teroris di Indonesia. Ia pun menilai aksi bom bunuh diri sebagai tindakan pengecut dan biadab.

"Perlu saya tegaskan lagi, kami akan lawan terorisme dan kami akan basmi terorisme sampai ke akar-akarnya," kata Jokowi, seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat, dan Daerah di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Jokowi berujar telah memerintahkan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian agar menghentikan rentetan aksi teror yang terjadi sejak kemarin. "Saya perintahkan kepada Kapolri untuk tegas, tidak ada kompromi dalam melakukan tindakan-tindakan di lapangan untuk menghentikan aksi terorisme ini," ujar dia.

Selain itu, Jokowi meminta DPR segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang berikutnya. Ia menilai pembahasan RUU ini oleh parlemen sudah berlangsung lama, memakan waktu lebih dari dua tahun.

Jokowi menuturkan, jika hingga akhir masa sidang berikutnya, yaitu pada Juni 2018, DPR tak kunjung mengesahkan RUU itu, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (perpu).

"Ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, Polri untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam tindakan," kata Jokowi.

Rentetan serangan teror di Surabaya terjadi sejak kemarin. Pada Minggu pagi, 13 Mei 2018, terjadi serangan tiga bom bunuh diri di tiga gereja berbeda. Peristiwa ini mengakibatkan 13 korban tewas, enam di antaranya pelaku yang merupakan satu keluarga. Pada malam hari, bom bunuh diri terjadi di Rumah Susun Wonocolo, Sidoarjo. Pagi ini, serangan bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya. Pelaku bom diduga menggunakan sepeda motor.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait