SBY Cerita Soal Hubungannya dengan Megawati: Masih Ada Jarak

TEMPO Kamis, 26 Juli 2018 13:10:35
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (TEMPO)

TABLOIDBINTANG.COM - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY blak-blakan soal hubungannya dengan Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri. "Saya harus jujur, hubungan saya dengan Ibu Megawati belum pulih. Masih ada jarak," kata SBY di kediamannya, bilangan Mega Kuningan, Jakarta pada Rabu malam, 26 Juli 2018.

Ketua Umum Partai Demokrat  ini mengaku, usahanya untuk kembali menjalin komunikasi dengan Megawati sudah dilakukan selama 10 tahun. Bahkan, lanjutnya, mendiang suami Megawati, Taufiq Kiemas, juga sempat turut berupaya mendamaikan keduanya. "Jadi bukan enggak ada kehendak berdamai, hanya Tuhan belum menakdirkan hubungan kami kembali normal," ujar SBY.

SBY mengaku  tetap menghormati Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sebagai orang yang pernah menjadi atasannya. "Saya sangat menghormati Ibu Megawati. Mungkin Tuhan belum menakdirkan hubungan kami kembali normal," ujar SBY mengulang perkataan serupa sebelumnya.

Hubungan SBY dengan Megawati yang renggang sudah lama jadi berita. Megawati disebut-sebut jengkel kepada SBY yang diam-diam menjadi pesaingnya sebagai kontestan Pemilu Presiden. Padahal sebaiknya, SBY yang saat itu menjabat sebagai Menkopolhukam, meminta izin kepada Megawati sebagai Presiden. Bahkan dikabarkan, Megawati menanyakan itu sampai tiga kali. Namun, SBY tak pernah memberi jawaban pasti. Sampai akhirnya, SBY mendeklarasikan pencalonannya sebagai Presiden.

Pertemuan SBY dan Megawati baru terjadi setelah Jokowi menjabat sebagai presiden. Kala itu Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan seluruh Presiden yang pernah menjabat saat Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Istana Merdeka pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Presiden ke-3 B.J. Habibie, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden Boediono, dan Sinta Nuriah, istri mendiang Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, hadir saat itu. SBY dan Megawati sempat bersalaman sebelum Presiden Jokowi mengajak foto bersama dalam acara tersebut.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.