Vaksin Merah Putih Dipersiapkan Jadi Kandidat Vaksin Booster di Tahun 2022

Redaksi Jumat, 24 Desember 2021 14:30:16
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (Youtube)

TABLOIDBINTANG.COM - Pelaksanaan vaksinasi booster yang rencananya akan dilakukan di tahun 2022 tengah disiapkan pemerintah. Upaya yang tengah dilakukan saat ini ialah penyesuaian dasar hukum yang memperkuat program vaksinasi. Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) juga tengah memproses Emergency Use of Authorization (EUA) dari vaksin Pfizer, Sinovac dan Astrazeneca.

Prof. Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan, selain vaksin buatan luar negeri yang selama ini sudah dipakai, Pemerintah juga membuka peluang menggunakan vaksin Merah Putih sebagai kandidat vaksin booster. Vaksin Merah Putih merupakan karya anak bangsa yang ditargetkan sebagai vaksin booster.

"Vaksin Merah Putih dengan berbagai platform dan asal instansi juga sedang dipersiapkan untuk digunakan sebagai vaksin booster," tegas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19, Selasa (21/12) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan vaksin besar manfaatnya dalam mencegah keparahan gejala, menurunkan risiko perawatan di rumah sakit, menekan kematian hingga menurunkan laju mutasi virus. Diharapkan masyarakat yang sudah menerima dosis lengkap agar melengkapi perlindungan diri dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Diakui bahwa vaksin tidak dapat mencegah penularan. Penularan hanya dapat dicegah dengan disiplin protokol kesehatan dan kebijakan pelaku perjalanan internasional yang ketat dalam mencegah importasi kasus. Vaksinasi dan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat, itu jalan yang sementara ini bisa kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sumber: Covid19.go.id.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore