Ini Langkah Anies Baswedan Tangani Banjir Pertama Kali

TEMPO | 16 November 2017 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyambut musim hujan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengumpulkan wali kota dan jajarannya untuk memastikan kesiapan aparat dalam menangani ancaman banjir di ibu kota. "Seluruh jajaran harus dalam posisi responsif sehingga tidak ada situasi yang lambat direspons," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/11).

Anies Baswedan akan mengambil tindakan tegas kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terbukti lalai dalam penanganan banjir. "Akan ada teguran keras untuk semua yang tidak responsif dan lambat," ujarnya.

Anies Baswedan sudah memeriksa sejumlah titik yang berpotensi banjir. Dari pengamatannya itu disimpulkan, penanganan banjir kurang maksimal karena banyaknya bangunan di bantaran sungai.  Dengan adanya bangunan itu otomatis alat-alat berat tidak bisa masuk untuk mengeruk sungai.

Di satu tempat, kata Anies Baswedan, ada bangunan yang terpaksa dibongkar agar alat berat bisa masuk. Tembok-tembok di bantaran sungai juga harus dibongkar untuk menghindari longsor akibat pengerukan. "Pembangunan di kanan kiri sungai yang sangat mengganggu aliran sungai, kalau kami keruk persis tembok di sampingnya bisa runtuh," ungkapnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait