Korban Tewas Akibat Serangan Brutal Jamaah Masjid di Mesir Mencapai 309 Orang

TEMPO | 29 November 2017 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah Mesir mengatakan, jumlah korban tewas pada aksi brutal di dalam Masjid Rawdah, Sinai Utara, pada Jumat, 24 November 2017, mencapai 309 orang.

"Menurut Direktorat Kesehatan Sinai Utara, jumlah korban sebanyak itu termasuk anak-anak," Middle East Monitor melaporkan.

Sejumlah pria bersenjata sebanyak 25-30 orang melakukan serangan terhadap jemaah masjid saat mereka salat Jumat di Kota Bir al-Abed, Sinai Utara. Mereka melemparkan bom sebelum menembakkan senjata api secara acak.

"Akibat serangan tersebut, 309 orang tewas, termasuk 27 anak, sedangkan 128 lain mengalami luka-luka," kata Kejaksaan Mesir melalui sebuah pernyataan.

Pihak berwenang Mesir sebelumnya menuturkan kepada media bahwa jumlah korban tewas sebanyak 305 orang. Ini dianggap sebagai sebuah serangan paling mematikan dalam sejarah modern Mesir.

Meskipun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, kuat dugaan pelakunya adalah kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Sinai.

Turki mengumumkan hari berkabung nasional satu hari, Senin, 28 November 2017, dengan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan terhadap korban serangan masjid di Mesir.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait