Dapat Beasiswa di Rusia, Turah Parthayana Hasilkan Uang dari YouTube

Ari Kurniawan | 14 Agustus 2018 | 10:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nama Turah Parthayana sudah tak asing bagi para pegiat vlog dan YouTube. Pria asal Denpasar, Bali, itu dikenal lewat berbagai video buatannya yang mengulas berbagai sisi kehidupan di Rusia. 

Turah Parthayana beberapa tahun belakangan menempuh pendidikan di salah satu universitas ternama di Tomsk, Rusia. Selain kuliah, Turah rajin membagikan informasi seputar pendidikan dan kehidupannya di kota kecil tersebut. 

Pulang ke Tanah Air, Turah Parthayana diundang ke berbagai acara untuk berbagi ceritanya secara langsung. Seperti akhir pekan kemarin, Turah hadir di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta, sebagai influencer untuk remaja yang ingin melanjutkannya sekolahnya ke Rusia.

Turah mengatakan ada dua jalur untuk bisa bersekolah di Rusia. Pertama melalui sebuah agency pendidikan. Yang kedua melalui proses beasiswa yang didapatkannya dari Pusat Kebudayaan Rusia lewat program khusus pendidikannya.

Bungsu dari empat bersaudara itu juga menceritakan awal mula dirinya bisa jadi vloger. “Awalnya sih pingin laporan sama ayah saya aja. Jadi pas di Rusia saya ingin gambarkan kehidupan di Rusia yang sebenarnya, mulai dari suasana dan lainnyalah. Dari situ jadi sering bikin vlog. Bersukur akhirnya banyak yang lihat. Ayah saya paling pertama yang ikuti atau lihat Youtube saya,” tutur Turah Parthayana.

Turah Parthayana yang sebelumnya membuat vlog-nya di Tomsk Rusia bersama Parus Story, kini sudah memproduksi sendiri dengan nama Turah Parthayana. Meski baru setahun, channel YouTube pribadi Turah sudah menghasilkan 47 video dengan 256 ribu subscriber.

Beberapa video yang diunggah Turah ditonton jutaan kali. Di antaranya yang berjudul The Life Russian in Apartement, Cuaca Dingin Ekstrem di Tomsk Russia -37 Derajat, Boy and Girls in Rusia, dan Jawaban Cewek Russia untuk Anak Indonesia.

“Saya merasa bersyukur dari hasil vlog sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup selama berada di Rusia,” pungkasnya.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait