Cobaan Zaskia Sungkar di Tengah Penantian Buah Hati

Vallesca, Agestia | 16 Desember 2017 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pasangan Zaskia Sungkar (26) dan Irwansyah (32) sudah menikah selama 6 tahun. Namun belum dikaruniai buah hati. Di tengah penantian akan seorang anak, Zaskia mendapati masalah di rahimnya.

Saat melakukan medical check-up di Malaysia beberapa waktu lalu, Zaskia didiagnosis mengidap endometriosis dan fibroid.

Endometriosis adalah masalah pada sistem reproduksi wanita di mana jaringan pada lapisan dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rongga rahim. Sementara fibroid, pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim (uterus). Bagaimana Zaskia menyikapi ujian yang menderanya?

Mulanya Zaskia Sungkar dan Irwansyah bertolak ke Malaysia bukan untuk melakukan pengecekan medis. Pasangan ini ke Malaysia untuk jalan-jalan dan menemui sahabat mereka, Laudya Cynthia Bella.

Saat itu, Zaskia sakit perut. Di saat bersamaan, mereka bertemu seorang dokter terkenal di Malaysia. Irwansyah dan Bella mendorong Zaskia memeriksakan diri.

“Enggak ada niat periksa atau mengikuti program (hamil), seperti yang sempat diberitakan. Begitu diperiksa, ternyata ada endometriosis. Sebelumnya periksa di Jakarta, enggak ketahuan. Lalu dokter menyarankan agar segera dioperasi,” cerita Zaskia saat mempersiapkan pergelaran busana Dubai Modest Fashion Week 2017 yang berlangsung 5 hingga 11 Desember.

Sang dokter langsung meminta Zaskia menjalani operasi keesokan harinya. “Benar-benar enggak ada persiapan. Tiket balik ke Jakarta hangus. Baju juga seadanya. Bella sampai membantu mencarikan baju dan membantu mengurusi Irwan juga. Operasinya berapa lama saya enggak sadar, karena dibius total. Yang pasti, pemulihannya lama. Saya harus bed rest. Setelah operasi, saya dianjurkan istirahat selama 6 minggu. Pantangannya satu, enggak boleh capek,” terang Zaskia Sungkar.

Saat operasi endometriosis berlangsung, tim medis mendeteksi keberadaan fibroid atau yang sering disebut miom. Beruntung, ukuran miom masih kecil. Zaskia Sungkar bersyukur, miom itu langsung diatasi oleh dokter.

“Penyebabnya belum diketahui. Yang pasti, gejala endometriosis itu kalau mesntruasi sakit banget. Berlebihan sakitnya. Saya merasakan itu sudah lama. Dari zaman SMP, pas masanya menstruasi memang sakit banget, sampai pingsan,” urai aktris kelahiran 22 Desember ini. 

Pengalaman Zaskia bisa dijadikan pelajaran bagi sesama perempuan. Kalau merasakan sakit luar biasa saat menstruasi, kaum hawa patut waspada dan sebaiknya konsultasi ke dokter. Zaskia membantah, endometriosis dan fibroid penyebab ia tak kunjung hamil. 

“Ini semua sudah diatasi oleh dokter. Insya Allah kalau sudah pulih, saya akan mencoba program kehamilan. Sebenarnya saya belum mau program, tapi Irwan mulai mendorong saya untuk mencoba,” ujar bintang sinetron Terlanjur Cinta itu.

Zaskia dijadwalkan menjalani masa pemulihan hingga akhir bulan ini. Namun, ia terlanjur berkomitmen untuk berpartisipasi di pergelaran busana Dubai Modest Fashion Week 2017. Karenanya usai menjalani operasi, Zaskia Sungkar kembali mengurus koleksi busana bertema Capricorn yang dipamerkan di ajang tersebut. 

“Memang gerak saya saat ini terbatas. Enggak bisa berdiri terlalu lama, enggak bisa berjalan terlalu lama. Dan enggak boleh memakai sepatu berhak tinggi. Saya banyak dibantu kursi roda,” ungkap Zaskia Sungkar kepada Bintang. 

(val / ages / gur)

Penulis : Vallesca, Agestia
Editor: Vallesca, Agestia
Berita Terkait