Hannah Al Rashid Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Membantu Korban Pelecehan

Agestia Jatilarasati | 8 April 2018 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Melalui kampanye yang disuarakan, Hannah Al Rashid ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berdiri bersama korban pelecehan dan kekerasan, bukan malah menyalahkan seperti yang sering terjadi selama ini. 

“Budaya menyalahkan korban kekerasan dan pelecehan menjadi penyebab perempuan tidak mau berbicara ketika mengalami pelecehan seksual. Sembilan puluh tiga persen kasus perkosaan di Indonesia tidak dilaporkan dan dari 7 persen kasus yang dilaporkan hanya 1 persen yang berhasil selesai dengan tuntas,” Hannah memaparkan.

Isu ini kata Hannah akan terus muncul jika masyarakat tidak bekerja sama menyelesaikan masalah ini. Tidak hanya kaum hawa yang harus berani berbicara melainkan kaum adam harus turut berperan.

“Saya selalu mengajak teman-teman lelaki saya berdiskusi tentang hal seperti ini. Salah satu best friend saya, Arie Kriting (32) adalah contoh percobaan yang berhasil. Dulu dia sempat mempertanyakan kenapa saya marah ketika saya di-catcall. Kemudian saya menjelaskan bahwa catcalling adalah bentuk pelecehan terhadap wanita,” cerita Hannah.

“Karena dia laki-laki makanya dia tidak akan mengerti rasanya di-catcall setiap hari. Dari situ dia paham dan kemudian aku menjelaskan soal kekerasan, pelecehan, dan banyak lagi. Sekarang Arie salah satu orang yang paling mengerti soal ini,” sambung Hannah.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait