[RESENSI FILM] The Last Barongsai, Kisah Inspiratif Tentang Tradisi dan Keluarga

Andira Putri | 24 Januari 2017 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kho Huan (Tio Pakusadewo) adalah pria keturunan Tionghoa yang memiliki sanggar Barongsai di daerah Tangerang. Setiap tahun, Kho Huan selalu mendapat undangan kejuaraan Barongsai, tetapi kerap diabaikan. Kho Huan memang tidak berniat melanjutkan sanggar Barongsai miliknya karena merasa tidak bisa menghasilkan uang di masa depan.

Kho Huan memilih untuk fokus mewujudkan impian putranya Aguan (Dion Wiyoko). Aguan berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Singapura dan berniat melanjutkan pendidikan di sana. Keputusan Kho Huan sudah bulat, namun justru Aguan yang kini bimbang. Aguan memikirkan cara mendapat biaya agar bisa berangkat ke Singapura

Aguan tidak kehilangan akal. Ia memutuskan untuk mengikuti kejuaraan Barongsai di mana hadiah uangnya akan digunakan untuk berangkat ke Singapura. Aguan pun langsung mengumpulkan para pemain lama sanggar Barongsai termasuk Azis (Azis Gagap), temannya sejak lama. Usaha Aguan tidak mudah karena ada tentangan keras dari Kho Huan.

The Last Barongsai memperkenalkan kehidupan masyarakat keturunan Tionghoa di Tangerang atau kerap disebut Cina Benteng dan segala tradisinya. Anda bisa melihat cara mereka bersilaturahmi, cara mereka melestarikan budaya, bahkan cara mereka hidup dengan toleransi di film berdurasi dua jam ini.

The Last Barongsai piawai menampilkan tema menarik, juga relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kisah tentang tradisi yang luntur digantikan kehidupan modern terasa sesuai dengan kondisi saat ini. Begitu pula konflik yang lebih sederhana, yaitu pergolakan batin antara ayah dan anak.

Jalan cerita The Last Barongsai semakin baik dengan dukungan para pemain. Setiap pemain bermain pas sesuai porsi masing-masing. Hubungan keluarga antara Tio Pakusadewo, Dion Wiyoko, dan Vinessa Inez (adik Aguan) terlihat emosional. Sementara Azis Gagap mencuri perhatian lewat aksi lucunya. Kejutan juga datang dari Rano Karno yang tampil natural setelah lama tidak bermain film.

The Last Barongsai tayang di bioskop 26 Januari 2017.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait