RESENSI FILM Ferdinand, Ketika Banteng Enggan Melawan Matador

Andira Putri | 15 Desember 2017 | 20:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Resensi film kali ini membahas film animasi Ferdinand.

Kehidupan binatang menjadi tema yang umum diangkat dalam film animasi Hollywood. Anda sudah melihat kisah para ikan, singa, anjing, panda hingga pinguin di layar lebar.

Berangkat dari tema tersebut, 20th Century Fox dan Blue Sky Studios menggarap film bertajuk Ferdinand. Kisahnya diadaptasi dari buku cerita anak karangan Munro Leaf dan Robert Lawson. Meski temanya umum, Ferdinand menyajikan kehidupan tak biasa seekor banteng.

Ferdinand (John Cena) adalah banteng yang hidup jauh dari kawanannya. Sewaktu kecil, Ferdinand kabur dari tempat penangkaran banteng. Ferdinand nekat pergi karena tidak ingin bertanding melawan matador, hal yang dipersiapkan untuk para banteng di penangkaran tersebut. Ferdinand benci kekerasan.

Ferdinand lalu tinggal dengan seorang gadis bernama Nina (Lily Day) dan ayahnya yang memiliki kebun bunga. Kehidupan baru di tengah keluarga Nina Ferdinand senang. Apalagi Ferdinand bisa menyalurkan kecintaannya terhadap bunga.

Sayang, kebahagiaan Ferdinand berakhir saat beranjak dewasa. Sebuah kejadian memisahkan Ferdinand dengan keluarga Nina. Ferdinand ditangkap dan kembali masuk penangkaran banteng.

Pemilik penangkaran melihat potensi Ferdinand sebagai lawan matador. Hal tersebut membuat Ferdinand khawatir. Ketakutannya bertambah karena tidak ada binatang yang ingin membantunya menyelamatkan diri.

Kambing ramah bernama Lupe (Kate McKinnon) malah menyemangatinya ikut pertandingan. Sementara banteng-banteng lain seperti Valiente (Bobby Cannavale) iri dan menganggap Ferdinand saingan. Bagaimana nasib Ferdinand selanjutnya?

Sutradara Carlos Saldanha menghadirkan Ferdinand sebagai film yang hangat. Perjuangan sang banteng mencari jati diri digambarkan secara simpatik, namun tetap mudah diikuti. Pesan moralnya pun jelas di mana seseorang harus yakin dan berani menentukan pilihan sendiri.

Karakter Ferdinand pun mampu menarik hati penonton. Ini didukung dengan penjiwaan baik John Cena. Mantan pegulat ini secara mengejutkan mampu tampil bersahaja sekaligus natural. Aksinya sedikit mengingatkan kepada penampilan Dwayne Johnson dalam Moana tahun 2016.

Selain hangat, Ferdinand menjadi film yang menghibur. Alur ceritanya ringan. Kemudian penggambaran karakternya lucu dengan keunikan masing-masing. Ada saja tingkah mereka yang mengundang tawa. Salah satu yang mencuri perhatian adalah adegan kumpulan banteng beradu dengan trio kuda sombong.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait