RESENSI FILM Wonder, Kisah Anak dengan Kelainan pada Wajahnya

Andira Putri | 8 Desember 2017 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Wonder mengisahkan Auggie (Jacob Tremblay) yang terlahir dengan kelainan genetik. Wajah Auggie berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Kelainan pada wajahnya membuat Auggie tidak percaya diri. Auggie pun memilih bersekolah di rumah. Ketika pergi ke luar, Auggie hanya mau mengenakan helm astronot untuk menutupi wajahnya.

Keadaan berubah saat Auggie menginjak bangku SMP. Orang tua Auggie, yaitu Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson) menyuruhnya untuk masuk sekolah umum. Langkah ini dilakukan agar Auggie merasakan kehidupan yang sesungguhnya.

Kehadiran Auggie di sekolah umum langsung mengundang perhatian. Siswa SMP memperlakukan Auggie dengan berbeda dan tidak selalu positif. Mampukah Auggie beradaptasi di tengah lingkungan baru?

Saat pertama kali membaca sinopsis, kami mengira Wonder sebagai film yang melankolis. Usaha Auggie bertahan di lingkungan sekolah serta peran orangtua akan mendominasi cerita. Nuansa dramatis yang bisa menguras air mata diprediksi kerap muncul dalam Wonder.

Namun, perkiraan kami salah besar. Sutradara Stephen Chbosky ternyata menghadirkan pengarahan berbeda untuk Wonder. Film ini justru fokus kepada kepolosan Auggie yang diperankan dengan baik oleh Jacob Tremblay.

Konflik berkisar pada permasalahan sehari-hari Auggie yang sebenarnya sederhana. Contohnya adalah marah soal pertemanan. Dunia anak-anak juga digambarkan ceria dengan permainan warna latar belakang dan properti Wonder.

Auggie memang menjadi pusat cerita Wonder. Namun, Stephen Chbosky bersama penulis naskah Jack Thorne dan Steve Conrad berusaha untuk tetap mengangkat karakter lain. Kehidupan kakak Auggie, yaitu Via (Izabela Vidovic) menghadirkan sudut pandang berbeda terhadap jalinan kisah Wonder. Hubungan Via dengan Isabel sanggup menggugah hati penonton.

Sayang, beberapa detail konflik Via tidak diselesaikan secara detail. Stephen Chbosky masih kesulitan membagi porsi tepat antara kisah Auggie dan tokoh lain.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait