Membuat Milk Rice Nikmat dari Stok Beras Pera di Rumah

Alam Mary | 24 April 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beras pera atau beras yang bulirannya lebih panjang dan besar, biasanya diolah para pedagang makanan untuk membuat bubur, nasi goreng atau ketupat lontong. Karena beras pera sedikit kurang nikmat bila dikonsumsi sebagai nasi untuk makan sehari-hari. Bulirnya besar-besar, teksturnya juga tidak pulen.  

Namun tahukah Anda, kalau beras pera juga cocok dibuat menjadi minuman. Kita bisa mengolah beras pera menjadi milk rice atau susu beras. Jika di rumah kebetulan ada beras pera yang tidak kunjung dipakai untuk makan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat minuman yang tidak hanya nikmat di lidah, namun juga rendah lemak dan kolesterol.

Sebagai informasi tambahan, beras jenis lain juga bisa diolah menjadi susu beras. Namun beras putih memiliki rasa alami yang lebih enak.

Tertarik mencoba? Resepnya sebagai berikut ini seperti dilansir dari Minimalist Baker.

Bahan-bahan yang disiapkan:

- 3/4 cangkir beras pera putih

- 4 cangkir air (jika ingin hasil akhir yang lebih creamy, gunakan lebih sedikit air, sebaliknya untuk hasil yang lebih cair)

- 2 cangkir air sangat panas untuk merendam

- Sejumput garam dan 1/2 sendok teh ekstrak vanila (bebas)

- 1 buah kurma utuh / 15 ml sirup maple sebagai pemanis 

- 2 sendok makan bubuk cocoa jika ingin membuat susu beras rasa cokelat

- 1/4 cangkir buah beri segar jika ingin membuat susu beras rasa beri

Cara membuat:

1. Rendam beras yang sudah dicuci dengan air sangat panas (bukan air mendidih). Diamkan selama 2 jam hingga bulir beras lebih lunak, namun masih cukup mentah. Anda bisa mencubitnya hingga hancur tanpa usaha berlebih. Jika sudah oke, buang air rendaman, masukkan beras ke dalam tabung blender. Putar dengan kecepatan tertinggi. 

2. Setelah halus, tambahkan 4 cangkir air matang, garam, pemanis dan bahan tambahan lain sesuai kebutuhan Anda. Tutup tabung blender rapat-rapat, putar dengan kecepatan tertinggi selama 1 menit hingga semua bahan tercampur rata. 

3. Ambil satu sendok, cek rasa. Jika dirasa kurang manis, Anda bisa tambahkan lagi pemanis. 

4. Setelah dirasa cukup enak, tuang cairan ke atas mangkuk besar yang sudah ditutupi handuk tipis atau kain kaus bersih. Saringan jenis ini lebih rapat jika dibanding saringan susu biasa. Semakin rapat saringan, semakin bagus tekstur susu yang dihasilkan. Tekan-tekan atau peras saringan hingga semua cairannya pindah ke mangkuk.

5. Siapkan stoples atau botol-botol kecil, tuang susu beras ke dalamnya, tutup rapat. Satu resep ini bisa menghasilkan 8 penyajian. Penyimpanan di kulkas bisa membuat susu beras bertahan hingga 5 hari atau lebih.

6. Nikmati susu beras langsung atau sebagai bahan tambahan saat menikmati granola, sereal, membuat smoothies atau membuat kue. 

Penulis : Alam Mary
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait