Jadi Kebutuhan Primer, Mahasiswa Berharap Tarif Dasar Listrik Tetap Stabil

Romauli Gultom Rabu, 14 Pebruari 2018 01:40:43
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Salah satu energi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh wilayah di bumi ini sudah membutuhkan energi ini untuk menggerakkan roda kehidupan.

Hubungannya dengan kedaulatan sebuah negara, peranan listrik ini sangat diprioritaskan, bahkan dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan negara tersebut.

Sebagai bentuk dukungan agar tarif dasar listrik tetap stabil, sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas pun ikut andil dalam diskusi mahasiswa tentang “Energi dan Kita” di kawasan Depok, Senin (12/2).

Andy Setya Utama selaku Ketua Badan Eksekutif Masyarakat Politeknik Jakarta  mengatakan, pentingnya pemanfaatan energi listrik oleh PLN,  60% bersumber dari batubara, yang dinilai paling efisien, dibanding pemanfaatan energi lainnya yang bersumber dari energi baru dan terbarukan seperti energi surya dan tenaga air.

Sementara itu, Liven Hopendy selaku Kepala Biro Kastrat FTSP Trisakti mengemukakan kepedulian mahasiswa terhadap kebutuhan listrik sebagai energi, mengingat persoalan energi menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Itu sebabnya kami mengharapkan agar tarif listrik tetap stabil,” jelasnya.

Saat ini Indonesia mengalami problem yang serius dalam masalah pelistrikan, itu tak lain akibat melambungnya harga batubara di mana PLN menggantungkan 60%-nya kepada produk tambang tersebut. Tiap kenaikan harga batubara otomatis akan mendongkrak biaya produksi listrik, dan ujung-ujungnya akan mempengaruhi tarif dasar listrik.

Untuk itu, diskusi ini diselenggarakan untuk mencari pokok permasalahan listrik nasional dan hubungannya dengan pihak lain, yang bertali-temali dengan tarif dasar listrik.

"Yang paling penting, kami meminta perhatian agar harga listrik terus dalam kondisi yang stabil, yang ujung-ujungnya tidak membebani rakyat", harapnya.

(uli / gur)

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.