Ravelle, Tempat Mengopi yang Asri di Kawasan Kelapa Gading

Ika Nurhayati | 2 Desember 2017 | 18:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kafe bertebaran di Jakarta Utara, Ravelle punya ciri khasnya sendiri. Bak hidden gem, dengan letaknya yang tersembunyi di balik Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, yang sibuk, Ravelle yang usianya belum setahun ini hangat, nyaman, dan asri. Pohon dan tanaman hijau merambat maupun dalam pot melingkupi area smoking yang berhadapan dengan ruko, menyejukkan di tengah panas yang menyergap ketika kami mengunjungi Ravelle.

Diawaki staf yang ramah, mengopi dan mengudap di Ravelle rasanya sesantai di rumah sendiri.  Maka tidak heran dalam waktu singkat Ravelle memikat banyak pengunjung, termasuk dari luar area Jakarta Utara, untuk datang dan bahkan tidak sedikit yang sudah memanfaatkan kafe ini sebagai tempat merayakan momen khusus seperti ulang tahun, bridal shower, dan baby shower. Seperti yang kami saksikan pagi itu di bagian belakang Ravelle yang dihiasi tanaman gantung, di mana sekelompok orang tampak bersiap entah menyambut ulang tahun atau bridal shower rekan mereka, dengan dress code merah muda. Hari yang sama pun, sorenya Ravelle bahkan menutup kafe untuk sebuah acara privat.

 

Terlepas dari keunggulan tempatnya, buat pengopi, sempatkan datang ke Ravelle. Karakter biji kopi yang dipakai Ravelle terbilang kuat, sangat terasa sekalipun yang kami pesan minuman kopi dengan tambahan rasa manis. Yang kami cicipi selain cappuccino, yang tak usah diragukan ketebalan rasanya, adalah avocava atau semacam avocado coffee. Hadir dalam dua gelas beda ukuran, dengan yang lebih besar berisi potongan kasar avokad, es krim vanila, dan lelehan cokelat, plus yang kecil berisi espresso. Tuangkan espresso ke dalam gelas yang besar, aduk-aduk, jadilah avocava.

Nah beda dengan avocado coffee pada umumnya, avocava ini, meski terpapar unsur manis dari es krim, cokelat, juga avokadnya sendiri, bisa dikategorikan ke dalam minuman kopi yang pekat. Jadi kalau kamu ingin mencoba minuman yang enak ini tapi tidak terlalu suka kopi, mungkin bisa minta kepada baristanya untuk mengurangi dosis kopinya. Masih ada beberapa minuman kopi lain dengan sentuhan rasa manis seperti café mocha, crème brulee latte, maroccino yang menggunakan Nutella, frappuccino, dan minuman khas Ravelle, nachobit yang berkomposisi campuran pisang, cokelat, hazelnut, dan kopi.

Menu makanan Ravelle sendiri bervariasi, dari salad, french fries, steik, burger, nasi, pasta, juga ada menu brunch yang berbasis potongan roti briochedan beberapa jenis cake. Belum terlalu lapar, kami memesan dua cake, banoffee dan apple pie. Berbasis remah biskuit gurih yang dipadatkan, banoffee yang berlapis pisang, karamel, dan krim bertabur cokelat ini manisnya tidak berlebih dan lumer di lidah. Sementara apple pie yang diiringi es krim vanila, lembut serta berimbang antara asam dan manis. Senangnya kami tidak salah pilih karena kedua cake ini teman minum kopi yang mantap untuk pagi hari sekalipun.

Ravelle

Jl. Pelepah Elok 1 Blok QA2 No. 6, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Senin-Kamis 09.00-21.00 WIB, Jumat-Minggu 09.00-22.00 WIB

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait