Tidur Larut Malam, Tapi Tetap Bangun Pagi, Bisa!

Carisya Nuramadea | 20 Februari 2017 | 17:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak dipungkiri, tubuh kita akan berfungsi lebih baik pagi hari. Jam biologislah yang mendorong kita untuk beraktivitas pagi hari. Mendapatkan asupan sinar matahari yang mengandung Vitamin D akan menghindarkan diri dari gangguan afektif musiman, obesitas, dan sebagainya. 

Beberapa orang mungkin merasa lebih prima saat malam hari, tapi lebih banyak yang tidak, seperti dilansir Shape. “Manusia secara alami adalah makhluk diurnal (makhluk yang beraktivitas pada pagi-siang hari, dan malam hari tidur),” kata Mike Varshavski, D.O, praktisi kesehatan dari Overlook Medical Center di Summit, NJ. “Itu artinya, kita akan lebih merasa lelah di jam 2 pagi dan 2 siang.”

Selain itu, menurut Sleepfoundation.org, manusia memiliki jam biologis circadian. Artinya, manusia memiliki sistem yang mengatur periode lelah dan periode aktif. 

Permasalahannya adalah, manusia modern punya jam biologis khusus yang tidak bisa seideal itu. “Bayangkan shift malam, media sosial, tetangga yang berisik, atasan yang menuntut, serial TV favorit di malam hari, yang merusak jam alami Anda,” kata Varshavski.

Jadi, jika Anda tidur cukup dan berfungsi dengan baik di malam hari, berarti Anda tidak perlu bangun pagi jika Anda tidak mau, kata Vashavski.

Tapi, jika Anda benar-benar ingin jadi manusia pagi, lain lagi ceritanya, dan, bisa kok! Menurut studi University of London, mereka yang bangun jam 7 pagi lebih jarang kena stres, depresi, dan obesitas.

Studi lain dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menemukan bahwa orang yang senang berada di luar pada pagi hari BMI-nya rendah dibandingkan yang tidak. Banyak orang lebih mudah berolahraga di pagi hari dibandingkan di sore atau malam hari selepas kerja. 

Ingin jadi morning person, tapi merasa kesusahan? Anda tidak sendiri. Ditegaskan Varshavski, menciptakan ritme yang stabil adalah langkah yang penting. Kebanyakan orang ‘balas dendam’ dengan tidur sepanjang akhir pekan. Ini tidak baik. Akibatnya Anda jadi tidak punya pola tidur yang baik. Jika Anda tidak punya pola tidur yang baik, tubuh Anda tidak bisa beradaptasi dengan baik, dan itu merugikan rutinitas pagi Anda.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait