Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Kulit Bayi

Sarah Christiani | 14 Februari 2017 | 04:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dr. dr. Rini Sekartini, SpA (K), Konsultan Tumbuh Kembang Anak RSCM, Jakarta, dalam seminar yang diadakan PURE, Premium Care for Baby mengatakan, kebersihan bayi dan balita Anda bisa dimulai dari mandi.

"Memandikan bayi dan balita baiknya menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. Biasakan mandi 2 kali sehari, pagi dan sore, dan sebelum tidur malam sebaiknya tubuh bayi diseka, dikeringkan, dan digantikan baju," terangnya.

Dalam merawat kulit bayi, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut:

1. Saat memandikan bayi, perhatikan suhu airnya. Suhu yang dianjurkan adalah kurang lebih 37 derajat Celsius. Pastikan membersihkan seluruh bagian tubuh bayi Anda, termasuk rambutnya, dengan air yang bersih. Perhatikan sabun dan sampo bayi yang Anda gunakan.

Sabun yang baik bagi kulit bayi adalah sabun khusus untuk bayi dengan pH sesuai pH kulit bayi, yaitu 5.5, tidak mengandung antiseptic, deodoran, detergen yang beracun bila terserap kulit bayi. Saat mengeringkan tubuh bayi, gunakan handuk yang lembut dan keringkan hingga benar-benar kering.

2. Segera bersihkan kulit bayi dari kotoran yang menempel. Misalnya, sisa makanan, air seni, dan tinja dengan air bersih atau bisa juga gunakan tisu basah khusus untuk bayi bila Anda dalam keadaan darurat, seperti dalam perjalanan, berada di luar rumah, dan lain sebagainya.

3. Setiap kali bayi buang air besar, bilas anus dan daerah sekitarnya dengan air bersih yang mengalir. Kalaupun harus menggunakan tisu basah, pilihlah tisu basah khusus bayi yang tanpa alkohol. Karena alkohol dikhawatirkan mengiritasi kulit bayi.

Perlu diingat, cara membersihkan alat kelamin bayi perempuan dan laki-laki berbeda. Pada bayi perempuan, basuh alat kelaminnya dari bagian depan ke belakang atau ke arah anus dengan menggunakan kapas atau waslap basah. Pada bayi laki-laki, tarik kulupnya perlahan-lahan hingga tampak lubang kencingnya, baru kemudian dibersihkan.

4. Bila bayi berkeringat, segera seka dengan air bersih atau tisu basah khusus bayi dan keringkan tubuh bayi. Jangan lupa untuk mengganti baju dan popok bayi di saat yang tepat. Jangan hanya setelah mandi, namun senantiasa perhatikan kondisi badannya. Misalnya ketika berkeringat banyak dan sebagainya.
    
Tidak hanya memperhatikan kebersihan tubuh bayi, Anda juga harus memperhatikan segala hal yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi Anda, sebagai berikut:

1. Pakaian
Pakaian yang tepat untuk bayi adalah yang bersih dan menggunakan bahan lembut. Pilihlah pakaian dengan bahan katun yang nyaman dan tidak berbahaya serta mudah menyerap keringat.

2. Kosmetik bayi
Kosmetik maksudnya adalah sabun, sampo, kolonye bayi, dan sebagainya. Saat memilih kosmetik untuk bayi Anda baca dulu kandungan produk, perhatikan tanggal kedaluwarsa, serta warna dan baunya. Setelah pemakaian, perhatikan apakah ada iritasi atau efek samping lain yang timbul. Gunakan seperlunya saja dan pastikan menyimpannya di tempat yang bersih dan tertutup.

 

(sarah/yb)

 

Penulis : Sarah Christiani
Editor: Sarah Christiani
Berita Terkait