Keren, Karya Siswa SMK NU Banat Juarai Kompetisi Bergengsi dari Jepang

Romauli Gultom | 9 Maret 2018 | 01:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk pertama kalinya, karya siswa SMK NU Banat berhasil menjuarai kompetisi bergengsi dari Jepang, Sakura Collection Asia Students Awards 2018.

Kompetisi desain busana untuk siswa bidang fashion design ini telah diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 2015 dan secara bersamaan digelar di 4 negara Asia lainnya, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, sebagai rangkaian acara fashion Sakura Collection 2018 di Jepang.

Selain sebagai media untuk mengembangkan talenta muda dalam merancang busana bertema Jepang, kompetisi ini juga bertujuan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan dan budaya.

Berdasarkan lebih dari 300 peserta yang berasal dari sekitar 20 sekolah fashion, 19 belas diantaranya adalah perguruan tinggi jurusan Fashion Design ternama di Indonesia dan SMK NU Banat satu-satunya peserta sekolah menengah  kejuruan yang mengikuti kompetisi ini.

Dari sketsa yang terkirim, dipilih 10 finalis untuk merealisasikan sketsa rancangan. Kemudian, ditampilkan   pada Grand Prix Final Sakura Collection Asia Students Awards 2018 untuk dinilai juri pada akhir Januari lalu di  Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali. 

Nia Faradiska yang menampilkan koleksi bertema “Koinobori” dinobatkan sebagai juara pertama dan Farah Aurellia dengan  koleksi bertema “Kyoto” terpilih sebagai   juara kedua. 

Kedua pemenang tersebut merupakan siswi SMK NU Banat yang mengukir prestasi sebagai siswi SMK pertama yang berhasil menjuarai kompetisi ini.

Nia Faradiska mendapat kesempatan melakukan perjalanan ke Jepang untuk magang di Bunka Fashion College (Bunka Gakuen) yang merupakan sekolah fashion terbaik ke-6 sedunia, pada tanggal 26 Februari hingga 4 Maret 2018.

Selain itu, sebagai juara pertama, Nia akan menampilkan hasil rancangannya yang terinspirasi dari bendera ikan Koi, yaitu ornamen perayaan Hari Anak Laki-laki  di Jepang  yang  diaplikasikan  dalam bordir dan origami serta desain  komposisi kontras dalam acara Sakura Collection 2018 di panggung Hosho Nohgakudo di Tokyo bersama para pemenang dari negara Asia lainnya.

“Dengan diberi kesempatan ini, saya mendapat banyak pengalaman untuk lebih mendalami bidang fashion, dari segi fashion textile, design, fabric manipulation, dan lainnya. Saya berharap dapat lebih mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang kemudian dapat diaplikasikan di SMK NU Banat,” ujar Nia Faradiska, siswi kelas XII.

(uli / gur)

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait