Manfaat Cabai Hijau, Yuk Menanam di Rumah

HOME.CO.ID | 26 Oktober 2020 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beruntunglah kita sebagai orang Indonesia yang sudah cukup akrab dengan cabai hijau. Sebab ternyata, cabai ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, manfaatnya hampir sama dengan suplemen kesehatan. Sehingga jika kita makan ikan, ayam, atau bahkan daging dengan sambal cabai hijau, kita akan dapat makanan yang nikmat dan berkhasiat.

Tapi sebenarnya, kandungan apa yang bisa membuat cabai hijau memiliki ‘kesaktian’ ini? berikut penjelasannya dikutip dari healthyeating.sfgate.com.

Vitamin A
1/2 cangkir atau sekitar 75 gram cabai rawit hijau mengandung sekitar 884 unit vitamin A. Jumlah ini mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan harian vitamin A pada pria dewasa, atau sekitar 38 persen kebutuhan harian vitamin A pada wanita dewasa. Manfaat vitamin A adalah untuk mempertajam penglihatan dan mendukung daya tahan tubuh.

Vitamin C
Selain vitamin A, cabai rawit hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi. Pada setiap 1/2 cangkir cabai rawit hijau (181,9 mg), dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak lebih dari 100 persen. Vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen yang berguna untuk menyembuhkan luka, serta memperkuat tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang ada dalam cabai rawit hijau ini mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA. 

Capsaicin
Semakin pedas cabai, semakin tinggi kadar capsaicin-nya. Skala Scoville Heats Unit, lembaga yang mengukur kadar kepedasan dan capsaicin dalam cabai di seluruh dunia, menempatkan cabai rawit hijau pada angka 50 hingga 2.500 SHU. Sedangkan angka tertinggi skala SHU adalah 15.000.000. Capsaicin untuk tubuh berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski baru prediksi dan diperlukan penelitian lebih lanjut, tapi kabar ini menggembirakan bagi pecinta makanan pedas.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait