Inilah Pentingnya Membuat Aturan Soal Bermain Gim Video Untuk Anak

Rizki Adis Abeba | 21 Februari 2019 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Permainan gim video bisa menyebabkan kecanduan pada anak sehingga banyak hal negatif yang rentan mengenai mereka, misalnya terkena obesitas karena malas bergerak, malas bersosialisasi di luar rumah, terancam bahaya radiasi layar, dan berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan jiwa seperti rasa cemas berlebihan.

Namun kemajuan zaman membuat anak-anak masa kini sulit menghindari paparan teknologi gim video, entah dimainkan lewat ponsel, komputer, hingga perangkat khusus gim video. Anak boleh-boleh saja memainkan gim video, namun orang tua tidak boleh lengah. Dr. Dana Watson, psikolog klinis di Families Inc., peyedia layananan konsultasi psikologi anak dan keluarga di Jonesboro, Arkansas, AS, menekankan pentingnya orang tua membuat aturan dan batasan terhadap penggunaan gim video oleh anak.

“Untuk kebanyakan keluarga, persoalan utamanya adalah menentukan apa (aturan) yang bisa diterapkan (dan memberi dampak) pada anak dan apa (aturan) yang bisa berhasil untuk seluruh keluarga,” kata Dana Watson.

Menurut Dana Watson, menentukan aturan dan batasan mengenai waktu pemakaian gim video harus dilakukan sejak awal, bahkan sebelum anak membuka kotak mainannya. “Sama halnya seperti ketika anak membawa hewan peliharaan baru di rumah atau ketika remaja Anda mendapatkan kendaraan baru, Anda harus melakukan pembicaraan tentang perubahan (akibat kehadiran benda baru di rumah) itu,” kata Dana Watson.

Orang tua harus memberikan batasan kapan waktu bermain, berapa lama durasi permainan, dan jenis gim apa saja yang boleh dimainkan sebelum anak mulai membuka kotak mainan. Buat perjanjian soal aturan-aturan tersebut dan apa konsekuensinya jika aturan tersebut dilanggar. Dengan demikian ketika mulai bermain anak sudah tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Lantas bagaimana jika gim video diperoleh anak secara turun temurun, misal warisan dari sang ayah atau sang kakak? “Tetap, tidak ada kata terlambat untuk melakukan pembicaraan (mengenai aturan main gim video),” tegas Dana Watson. Sebab, membuat aturan akan menjadi dasar dan tolak ukur apakah perilaku bermain anak kebablasan atau tidak.

( riz / ray )

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait