Hal Apa yang Paling Sering Menjadi Bahan Ngerumpi Komunitas Ibu Rumah Tangga?

TEMPO | 25 April 2019 | 19:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komunitas sering dibangun oleh ibu rumah tangga dengan orang-orang sekitarnya. Gunanya tak hanya untuk saling membantu dengan pekerjaan sehari-hari, namun juga sebagai tempat atau wadah untuk curhat atau mengungkapkan perasaan yang sedang dirasakan alias ngerumpi.

Pendiri Institut Ibu Profesional sebuah komunitas ibu rumah tangga, Septi Peni Wulandani mengatakan ada dua hal yang paling sering menjadi bahan rumpi para ibu rumah tangga, yaitu suami masing-masing. 

“Ngerumpi soal suami itu yang pertama. Tapi saya selalu menekankan kalau kita tidak boleh mengatakan hal jelek mengenai orang yang tidak ada di depan kita. Kalau mau sekalian ajak suaminya,” kata Septi Peni Wulandani, di Acara Inspirasi Perempuan untuk Indonesia, di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu 24 April 2019.

Kedua, ibu rumah tangga juga sering curhat mengenai eksistensi diri. “Merasa aku sudah kuliah tinggi-tinggi terus di rumah. Mungkin dulu saat kuliah keren gitu, terus sekarang di rumah mau ngapain,” lanjut Septi.

Menurut Septi Peni Wulandani, ibu rumah tangga bisa mengubah perasaan tersebut tanpa harus keluar dari rumah. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, terutama dalam bentuk kolaborasi dan komunitas.

Biasanya ibu rumah tangga merasa stres karena merasa saat mereka harus bisa mengerjakan semuanya. Padahal bisa belajar atau minta bantuan dari orang lain. Ibu rumah tangga pun tidak harus semua pintar masak, dan tidak harus semua pintar mengatur uang.

Septi mengingatkan ibu rumah tangga harus bisa mengakui kalau mereka tidak bisa melakukan segalanya. Dari pengakuan tersebut, mereka bisa belajar dari ibu lain yang mungkin lebih ahli di bidang tersebut. Semua ibu rumah tangga pasti memiliki keahlian masing-masing. Dengan Membagi ilmunya ke orang lain bisa menjadi cara untuk menghilangkan perasaan sedih mengenai eksistensi diri.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait