Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Jangan Bawa 5 Benda Ini ke Atas Kasur

aura.co.id | 3 Mei 2020 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TIDUR yang berkualitas dimulai dari menata kamar dan tempat tidur. Memastikan ruangan tidur telah nyaman untuk digunakan beristirahat dapat membuat jam tidur semakin berkualitas.

Untuk menghasilkan tidur yang berkualitas, ada beberapa benda yang pantang berada di atas kasur. Berikut beberapa di antaranya.

1. Ponsel
Ada begitu banyak alasan untuk menaruh ponsel di dekat bantal: untuk digunakan sebagai alarm, agar lebih sigap menerima panggilan kerja, sampai untuk stalking akun sosmed milik orang lain sebelum tidur. Padahal keberadaan ponsel di atas tempat tidur justru dapat mengganggu waktu beristirahat. Rasa penasaran untuk terus mengecek sosmed atau berselancar di dunia maya dapat membuat Anda terus terjaga. Seperti dimuat dalam jurnal Nature, cahaya lampu dari ponsel dapat mengganggu siklus tidur. Dalam riset yang digelar Dr. Charles A. Czeisler, M.D., Ph.D., profesor dari Harvard Medical School ini menemukan cahaya dari layar ponsel atau alat elektronik lain, seperti halnya televisi, dapat membangunkan beberapa bagian dari otak yang bertentangan dengan produksi melatonin, hormon yang memicu rasa kantuk. Akibatnya, Anda pun jadi tetap terjaga dan sulit tidur.

2. Pekerjaan
Hindari membawa pekerjaan pulang ke rumah, apalagi mengerjakannya di atas tempat tidur. Sebuah riset yang dimuat di Wall Street Journal menyebutkan, 8 dari 10 profesional muda di New York mengaku kerap mengerjakan pekerjaan kantor di atas tempat tidur. Menurut para peneliti dari Division of Sleep Medicine di Harvard, kebiasaan ini dapat melemahkan ikatan mental antara Anda dan kamar tidur, sehingga stress yang dirasakan di kantor ikut terbawa ke kasur dan membuat Anda sulit tidur.

3. Hewan peliharaan
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sownjaya Duthuluru M.D. dari Associated Professional Sleep Societies menunjukkan, membawa hewan peliharaan ke tempat tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Terutama jika hewan peliharaan Anda termasuk yang banyak bergerak atau bersuara saat tidur. Faktanya, menurut riset yang dimuat Huffington Post ini, sekitar 30 persenorang yang berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaannya cenderung kerap terbangun di malam hari, minimal sekali dalam semalam. Hewan juga membawa debu, kotoran, dan binatang-binatang kecil seperti kutu, sehingga rentan menyebabkan alergi.

4. Makanan
Sarapan bersama pasangan di atas tempat tidur kedengarannya begitu romantis seperti di film-film. Padahal kenyataannya, remah-remah bekas makanan di tempat tidur sangat tidak higienis. Makanan juga dapat mengganggu "kesakralan" tempat tidur sebagai tempat beristirahat.

5. Buku
Sejumlah pakar kesehatan sepakat, hanya ada dua hal yang boleh dilakukan di atas tempat tidur, yakni tidur dan berhubungan intim. Buku, walau tidak mengeluarkan cahaya, memiliki efek yang sama dengan alat elektronik dalam mengurangi kualitas tidur. Bagi Anda yang gemar membaca buku, tentu rasanya sayang jika harus menunda melanjutkan cerita ke bab selanjutnya. Rasa penasaran yang timbul saat membaca buku dapat menghambat rasa kantuk yang berakibat pada kurangnya kualitas dan kuantitas jam tidur.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait