Camilla Parker Bowles jadi Permaisuri, Seberapa Besar Kekuasannya di Kerajaan Inggris?

Redaksi | 9 September 2022 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 9 April 2005, Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles menikah dalam upacara sipil di Windsor Guildhall, Inggris. Keduanya kemudian diberkati di Kapel St. George.  Pernikahan ini menjadi puncak dari skandal perselingkuhan keduanya selama bertahun-tahun.

Pasangan itu bertemu pertama kali dalam sebuah pertandingan polo pada musim panas 1970. Ketika itu Camilla baru berusia 24 tahun dan Charles berumur 22 tahun. Meskipun tertarik satu sama lain dan sempat berkencan, pada tahun 1973 Camilla menikah dengan Andrew Parker Bowles, ayah dari dua anaknya, Laura dan Tom. Camilla dan Andrew bercerai pada 1995.

Charles kemudian menikahi Diana Spencer pada Juli 1980, dan pasangan itu dikaruniai dua putra, Pangeran William dan Harry. Namun, romansa yang tersisa antara Charles dan Camilla kemudian menodai pernikahan Pangeran dan Putri Wales. Charles dan Diana bercerai pada 1996.

Setelah kematian tragis Putri Diana pada tahun 1997, rencana Charles untuk memperkenalkan Camilla ke publik menjadi tertunda. Charles dan Camilla menikah delapan tahun kemudian.

Setelah Ratu Elizabeth II wafat, Charles naik menjadi raja. Sementara Camilla menjadi permaisuri. Menurut Express, gelar Permaisuri tidak akan mengubah statusnya dalam keluarga kerajaan. Permaisuri dianggap sebagai gelar yang otomatis didapat setelah menikah dengan raja. Ini berarti Camilla tidak akan naik takhta ketika Charles meninggal dunia kelak.

Seorang permaisuri tidak punya kekuasaan politik atau militer seperti raja atau ratu. Ratu, gelar yang dipegang oleh Ratu Elizabeth II selama 70 tahun, adalah seorang dengan pangkat yang sama dengan seorang raja, yang memerintah atas kerajaannya dan memiliki kekuasaan berdaulat, militer, dan politik.

Situs web keluarga kerajaan Inggris mencatat bahwa permaisuri akan "dimahkotai dengan raja, dalam upacara yang serupa tetapi lebih sederhana." Oleh karena itu, Camilla kemungkinan akan mendapat gelar tersebut secara resmi saat Charles dinobatkan menjadi raja.

Sementara jika nanti Charles meninggal dunia, gelar Camilla akan berubah lagi. Dia akan menjadi Janda Ratu. Janda Ratu adalah seorang wanita yang suaminya, raja, telah meninggal.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait