Kolaborasi dengan Nino RAN, Yovie Widianto Kesulitan Garap Lagu Nasionalis

Supriyanto | 8 April 2019 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Yovie Widianto kolaborasi dengan Nino RAN , Febri HIVI! dan Eka Gustiwana untuk menggarap lagu Hatiku Indonesia.

Hatiku Indonesia merupakan sebuah karya pertama dari Ruang Tengah Indonesia untuk menyatukan masyarakat Tanah Air yang terpecah jelang Pemilu 2019.

Menariknya, Hatiku Indonesia tercipta hanya melalui komunikasi di aplikasi WhatsApp. Nino RAN mengungkap, semua ide dituangkan lewat obrolan di grup WhatsApp.

"Kami enggak pernah ketemu, jadi tek-tok-an-nya lewat WhatsApp aja. Jadi kayak puzzle-puzzle gitu. Mas Yovie tinggal gabungin aja," ujar Nino RAN dalam jumpa pers Ruang Tengah Indonesia di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin.

Para musisi yang tergabung dalam Ruang Tengah Indonesia itu memiliki tugas masing-masing. Nino membuat lirik yang terinspirasi dari tempat-tempat yang pernah dikunjungi di Indonesia.

"Inspirasinya dari jalan-jalan. Jadi ke mana pun kami pergi, kami tetap ingat Indonesia. Jadi sejauh-jauhnya kami pergi, Indonesia itu akan tetap dalam diri kami," ujar Nino RAN.

Sedangkan Yovie Widianto mengeluarkan ide-ide yang bisa menggabungkan semua. Pentolan grup band Kahitna itu mengaku kesulitan membuat lagu tema nasionalis daripada menciptakan lagu cinta.

"Saya jadi bisa merasakan betapa hebatnya seorang Ismail Marzuki. Kayak 'Sepasang Mata Bola', itu kan untuk memuja wanita. Tapi, ada pemujaan untuk Indonesia-nya juga. Kita sudah lama tidak punya lagu seperti itu. Itu akan menggugah masyarakat untuk sayang kepada Indonesia," pungkas Yovie Widianto.

(pri / ray)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait