Edhie Baskoro Yudhoyono Raih Gelar Doktor dengan IPK 4.0

Ari Kurniawan | 26 Agustus 2021 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas resmi menyandang gelar doktor. Putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menjalani prosesi wisuda secara daring Program Pendidikan Sarjana, Profesi Dokter Hewan, Magister, dan Doktor Tahap VII Tahun 2021 Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu (25/8) pagi tadi. Ibas yang merupakan mahasiswa Program Doktor Manajemen Bisnis (DMB) Angkatan 12, lulus dengan IPK 4.0 dan predikat Cumlaude. 

Sebelumnya, pada Juni lalu Ibas telah melakukan uji disertasi berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”. Dalam disertasinya, Ibas menerangkan bahwa pemilihan disertasi dengan topik pengembangan pariwisata terpadu disebabkan oleh belum ada studi yang secara khusus mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu, inklusif, dan berkelanjutan. 

Hasil penelitian Ibas tersebut mendapat apresiasi dari banyak kalangan, tidak terkecuali para pengujinya. Salah satu penguji yang hadir dalam sidang, Prof. DR. Ir. M Syamsul Maarif, M.Eng menilai bahwa hasil disertasi Ibas sangat sempurna. “Pertama, selamat promovendus Edhie Baskoro Yudhoyono yang telah menghasilkan suatu disertasi yang sangat ilmiah dan sempurna dan bisnis banget. Kenapa saya bilang sempurna? Karena metodenya sangat lengkap, multi method, semua ada,” ujar Syamsum Maarif, dalam keterangannya kepada wartawan.

Sementara itu, dari pihak keluarga, SBY memaknai kelulusan Ibas sebagai awal yang baru. “Untuk EBY ini adalah a new beginning for you insyaAllah a good beginning. Ibas telah berpikir pada masalah yang sangat krusial di negeri ini, ekonomi, investasi pembangunan, kepariwisataan dan sekaligus memberikan solusi," kata SBY. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait