Kisah di Balik Lagu Hit Despacito

Binsar Hutapea | 30 Mei 2017 | 10:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tembang Despacito kini merajai tangga lagu dunia. Bagaimana sebenarnya proses pembuatan lagu "Despacito"? 

"Despacito" merupakan single terbaru milik Luis Fonsi. Luis Fonsi adalah penyanyi pop  asal Puerto Rico yang cukup populer di negara-negara berbahasa Spanyol.

Single "Despacito", yang bercorak reggaetón, dirilis pada Januari lalu. Begitu video klipnya diunggah ke  kanal YouTube Vevo, dalam tempo 24 jam langsung ditonton sebanyak 5.4 juta kali. Torehan itu membuat "Despacito" tercatat sebagai lagu berbahasa Spanyol pertama yang meraih 5 juta view dalam waktu satu hari.

Selain di YouTube, "Despacito" juga populer di negara-negara berbahasa Spanyol. Bahkan lagu itu merajai tangga lagu di negara-negara tersebut. Ketika popularitas lagu "Despacito" mulai merangkak naik, Justin Bieber ikut menyumbangkan suara dalam "Despacito" versi remix. Dus, saat  dirilis kembali pada April lalu, "Despacito" langsung merajai tangga lagu di dunia. Di berbagai layanan musik streaming, "Despacito" pun bertengger di posisi puncak. 

"Despacito" diciptakan oleh Luis Fonsi. Lagu itu dibuat Luis Fonsi menggunakan gitar. 

"Aku mendapatkan hook melodinya menggunakan gitar. Beat lagu itu baru muncul setelah aku membuat lirik lagunya. Semula, aku membuat 'Despacito' dengan pola langgam cumbia menggunakan gitarku. Nah, dalam sebuah sesi menulis lagu bersama Erika Ender, temanku, aku berkata kepadanya,'Aku punya ide bagaimana bagian  chorus lagu ini seharusnya dibuat. Bagaimana kalau kita menciptakan lagu yang sensual, menyenangkan, membangkitkan, dan membuat orang menari ," kata Luis Fonsi. 



 

"Setelah kami menulis lagu itu, aku tak tahu apakah lagu tersebut bisa disebut lagu berjenis cumbia. Aku juga tidak menganggapnya berjenis reggaetón, tapi pastinya lagu itu memang punya energi seperti  reggaetón. Aku sendiri menganggapnya sebagai pop jenis baru. Lagu itu campuran antara melodi pop dengan beat yang  rumit," jelas Luis Fonsi. 

Ketika akhirnya "Despacito"  tercipta, Luis Fonsi memberikan lagu itu ke rapper Daddy Yankee. Daddy Yankee ternyata menyukai lagu itu dan ikut memberikan sentuhan musikalnya. 

"Saat aku memutarkan versi demo 'Despacito', Daddy Yankee langsung menyatakan ikut bergabung. Dia berjasa untuk membuat 'Despacito' terdengar seperti sekarang. Kolaborasiku dengan dia merupakan hal yang sangat krusial. Sedari awal, aku percaya lagu ini akan menjadi sesuatu," tegas Luis Fonsi. 

(bin/bin)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait