Selamatkan Lingkungan dengan Langkah Mudah Ini

Carisya Nuramadea | 24 Maret 2017 | 12:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rasa tanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan adalah gaya hidup yang perlu didorong dewasa ini untuk keharmonisan hidup manusia dan alam. Apakah Anda ingin membantu menyelamatkan lingkungan? Inilah hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan.

1. Meningkatkan efisiensi energi di rumah Anda 

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan rumah hemat energi. Anda dapat menggunakan bohlam LED, efisiensi pemakaian listrik, dan mengganti peralatan elektronik dengan teknologi yang lebih hemat energi. Tidak hanya membantu lingkungan, kegiatan ini juga menurunkan tagihan listrik bulanan Anda.

2. Beli bahan lokal

Sistem produksi pangan saat ini sangat membebani lingkungan. Distribusi makanan di seluruh dunia menghabiskan bahan bakar dalam jumlah besar, selain menambah polusi dan emisi karbon. Anda dapat membantu memerangi ini dengan memilih makanan lokal sebanyak mungkin. Semakin banyak orang mendukung petani kecil lokal, akan memperpendek rantai distribusi yang tidak efisien. 

3. Membuat kompos

Memilah sampah yang dapat dijadikan kompos dan menimbunnya di halaman rumah Anda akan berkontribusi besar pada lingkungan. Menciptakan sistem kompos adalah cara yang jauh lebih alami dan ramah lingkungan untuk membuang limbah sekaligus memperindah taman Anda.  

4. Hemat air

Masih banyak orang yang tidak sadar telah membuang literan air setiap harinya. Seperti tidak menutup keran air saat menggosok gigi, penyiraman berlebihan pada rumput atau tidak memperbaiki keran bocor. Upaya untuk menghemat air sangat membantu lingkungan dan juga mengurangi tagihan air bulanan Anda.

5. Pilih produk eco-friendly 

Dengan mempertimbangkan posisi kuat yang Anda miliki sebagai konsumen, Anda dapat memprioritaskan memilih produk dan perusahaan yang ramah lingkungan untuk kebutuhan anda. Semakin banyak orang mengapresiasi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, semakin besar dorongan bagi perusahaan lain untuk menjadi ramah lingkungan.  

6. Kurangi berkendara

Bahan bakar fosil sangat mempengaruhi polusi dan pemanasan global. Anda dapat membantu dengan mengemudi lebih jarang dan menggunakan mode transportasi yang lebih ramah lingkungan sebagai gantinya. Naik sepeda atau berjalan adalah pilihan yang sangat baik, dan memberikan bonus tambahan yang membantu Anda tetap bugar. Anda juga dapat memilih transportasi umum jika jaraknya cukup jauh. 

7. Daur ulang

Setiap kali Anda dapat menggunakan kembali atau mendaur ulang suatu barang daripada membuangnya, itu adalah kemenangan kecil bagi lingkungan. Ada ide yang tak terhitung jumlahnya di internet yang dapat anda terapkan bagi barang-barang yang sekiranya dapat didaur ulang.

Merawat lingkungan adalah tanggung jawab penting bagi setiap individu, keluarga, dan masyarakat.Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu merawat planet ini dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.  

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait