Lay EXO Optimistis NAMANANA Menaklukkan Billboard

Rizki Adis Abeba | 3 November 2018 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Zhang Yixing (27) atau lebih dikenal dengan Lay menjelma menjadi idola paling berpengaruh di bawah grup EXO, yang dinaungi SM Entertainment (SME).

Terkenal, Lay tetap berkarier di tanah kelahirannya, Tiongkok. Sejak tahun 2015, Lay yang mulai berkarier di usia enam tahun lewat serial drama televisi di Tiongkok, aktif menghiasi layar beling hingga film layar lebar.

Hijrah ke Tiongkok, Lay mengantongi izin resmi dari SME, tidak seperti dua rekannya, Luhan dan Kris, yang memilih hengkang. SME bahkan secara khusus membangun studio di Tiongkok untuk memfasilitasi Lay.

Karier akting Lay berjalan sama mulusnya dengan eksistensi EXO. Terakhir, ia membintangi film The Island, yang memuncaki box office Tiongkok seminggu setelah dirilis 10 Agustus lalu. Lay juga menduduki peringkat ke-20 daftar 100 Selebritis Tiongkok Paling Berpengaruh versi Forbes 2017.

Tidak cukup puas, Lay membentangkan sayap ke pasar internasional, dengan merilis album Namanana yang merupakan debut pertamanya di AS. Dirilis 19 Oktober, Namanana berisi 22 lagu yang terdiri dari 11 lagu berbahasa Mandarin dan 11 lagu berbahasa Inggris yang digarap bersama musisi Rice n’ Peas, Bazzi, 153 Joombas Music Group, hingga MARZ Music.

Menjelang Namanana rilis, sebagai pemanasan Lay memperkenalkan lagu “Give Me A Chance”, yang kemudian berhasil menembus 10 besar tangga lagu Billboard Social 50. Album Namanana sendiri menjuarai tangga lagu iTunes di 16 negara di kawasan Asia, Amerika Latin, hingga Timur Tengah.

“Saya sangat senang, sangat menghargainya, dan saya berharap bisa dikenal di seluruh dunia. Saya juga berharap salah satu lagu saya bisa masuk tangga lagu Billboard Hot 100. Semoga saya cukup beruntung untuk menunjukkan musik saya ke seluruh dunia,” harap penyanyi kelahiran 7 Oktober 1991.

Di album kali ini, Lay merangkap penyanyi, penulis lagu, sekaligus rapper. “Namanana” bisa dibilang deklarasi Lay terhadap posisinya di industri musik dunia, sebagai bintang asal Tiongkok paling populer juga personel grup K-Pop paling disegani. “I’m hot like wasabi, and I promise that you can be like me (saya panas seperti wasabi dan saya berjanji kamu bisa menjadi seperti saya)” menjadi sepenggal lirik yang menunjukkan kepercayaan diri Lay yang tinggi.

Lay tidak mengikuti tren musik hip-hop dan lebih memilih musik bernuansa urban-pop. “Saya sangat senang bisa merilis Namanana di AS. Saya tahu hip-hop musik yang sedang populer di AS dan saya juga bisa membuat musik seperti itu. Tapi saya ingin memperkenalkan musik baru untuk pasar,” ungkap Lay dalam wawancara dengan media asal Inggris.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait