Tekanan sebagai Artis Idola Membuat Jonghyun Shinee Depresi Hingga Bunuh Diri

Rizki Adis Abeba | 31 Desember 2017 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam tesis program magister yang ditulis aktor Park Jin Hee pada 2009, disebutkan 40 persen aktor Korea Selatan setidaknya pernah sekali memikirkan soal bunuh diri akibat kurangnya privasi, banyaknya bully di dunia maya, pendapatan yang tidak stabil, dan ketakutan bahwa bakat mereka tidak bisa diterima publik dan industri. 

Tekanan yang tinggi, persaingan yang ketat, dan keinginan kuat menjadi yang terbaik berkontribusi tinggi dalam memicu stres pada masyarakat Korea Selatan.

Budaya kompetisi yang ketat tidak hanya terjadi di dunia hiburan, namun juga di komunitas sosial lainnya seperti sekolah dan lingkungan kerja, membuat angka tindak bunuh diri di Korsel menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Tekanan seperti ini diduga dirasakan Jonghyun. Ia tidak pernah merasa puas dengan dirinya.

Salah satu paragraf dalam surat Jonghyun mengisyaratkan dirinya sangat lelah dan ingin mengakhiri hidup.

“Jika kau bertanya mengapa aku mati, aku akan menjawab aku kelelahan. Aku menderita dan telah merenung. Aku tidak pernah mengetahui bagaimana mengubah rasa sakit yang melelahkan ini menjadi kebahagiaan. Sakit, hanya itu, sakit. Mereka melarangku untuk tidak melakukan ini. Mengapa? Mengapa aku bahkan tidak bisa mengakhirinya sesuai yang aku inginkan?” tulis Jonghyun.

Bagi artis idola, tuntutan akan kesempurnaan lebih tinggi. Mereka tidak hanya dituntut berpenampilan menawan namun juga memiliki kehidupan tanpa cela. Jonghyun disebut sebagai pribadi yang perfeksionis. Ia bekerja keras sejak muda namun tak pernah puas. Kehadiran artis-artis pendatang baru dengan prestasi gemilang disinyalir memperburuk paranoidnya hingga menyebabkan depresi.

Jung Eun Ji (24), personel girl band A Pink yang juga sahabat Jonghyun, tidak menampik banyak artis idola yang mengalami depresi.

“Yang lebih menakutkan, banyak kolega dan teman saya yang mengidentifikasi dirinya dengan apa yang (ditulis Jonghyun) dalam surat terakhirnya. Melihat kolega saya mengatakan mereka merasakan depresi dan emosi menggerogoti mereka, saya ketakutan dan berpikir, bagaimana jika (saya juga mengalaminya)?” ungkap Eun Ji.

“Saya berharap para idola dan industri hiburan akan mampu mendorong kesehatan fisik dan mental kami sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi.”

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait