Kisah Donnie Yen Menghajar 8 Orang Sekaligus (Di Kehidupan Nyata, Bukan Film)

Binsar Hutapea Senin, 2 Januari 2017 14:00:35
Kisah Donnie Yen Menghajar 8 Orang Sekaligus (Di Kehidupan Nyata, Bukan Film)

TABLOIDBINTANG.COM - Meski lahir di Tiongkok, Donnie banyak menghabiskan masa kecilnya di Hong Kong. Saat kecil, kedua orang tuanya mengajarinya menguasai ilmu bela diri seperti tai chi dan taekwondo.    

Di usia 11 tahun, orang tua memboyongnya ke Boston, Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, ibunda Donnie, Bow-sim Mark, mendirikan sasana tai chi.

“Meski hidup di Boston, aku tetap memegang teguh norma dan tradisi kebudayaan. Jadi ketika aku kembali lagi ke Hong Kong, banyak yang terkejut dengan cara hidupku. Di satu sisi aku sangat kebarat-baratan, tapi di sisi lain aku sangat tradisional,” jelas aktor yang memiliki nama asli Yen Ji-dan ini. 

Berbekal kemampuan bela dirinya, Donnie mencari peruntungan di industri sinema Hong Kong yang identik dengan film-film bergenre aksi. Debut Donnie dimulai ketika menjadi pemeran utama di film laga Drunken Tai Chi pada 1984. Di film itu, ia berakting di bawah arahan sutradara legendaris Yuen Woo-ping. Yuen yang menyutradarai sejumlah film sukses yang dibintangi Jackie Chan. Yuen pula yang menjadi koreografi bela diri di film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000).

Kisah Donnie Yen Menghajar 8 Orang Sekaligus (Di Kehidupan Nyata, Bukan Film)
Kisah Donnie Yen Menghajar 8 Orang Sekaligus (Di Kehidupan Nyata, Bukan Film)

“Sebuah pengalaman besar bisa bekerja sama dengan Yuen. Aku selalu menganggapnya sebagai sifu atau bapak guru,” ungkap Donnie.

Menyusul Drunken Tai Chi, Donnie main di banyak film laga lainnya. Membuatnya digadang-gadang sebagai bintang laga di Hong Kong. 

Kariernya yang bersinar, Donnie kerap muncul di kolom-kolom gosip. Di era 1990-an, media Hong Kong pernah menurunkan kisah menggegerkan tentang Donnie Yen.

Suatu kali ia mengunjungi kelab malam di Hong Kong bersama kekasihnya. Rupanya, ada sekumpulan cowok yang menggoda kekasih Donnie. Ketika ditegur, mereka malah menyerang Donnie. Eh, malah 8 pemuda itu yang masuk rumah sakit, dihajar pria yang berulang tahun setiap 23 Juli ini. 

Di kancah internasional, kiprah Donnie mulai dikenal setelah tampil dalam Ip Man (2008). Di film itu, Donnie memainkan peran Ip Man atau Yip Man, ahli bela diri asal Tiongkok. Ia mengajarkan bela diri tradisional wing chun. Salah satu murid Ip Man adalah Bruce Lee.

Di Tiongkok, sukses film Ip Man mendorong menjamurnya kelas bela diri wing chun.  

(bin/gur)


Penulis Binsar Hutapea
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore