Secara Ilmiah Main Video Game Terbukti Membawa Dampak Positif

TEEN.CO.ID | 30 Maret 2017 | 16:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bermain video game memang menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang. Penikmat video game sendiri berasal dari semua rentang usia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Namun, tak sedikit yang beranggapan bahwa video game bisa membuat kecanduan hingga merusak kehidupan. Eits, jangan khawatir ya Teens, ternyata bermain video game juga memliki dampak positif lho.

Dikutip dari Metro, ternyata bermain video game bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menolong orang-orang yang mengalami depresi lho. Menurut studi yang dilakukan oleh University of California Davis, mereka menemukan bahwa bermain video game bisa membuat para penderita depresi merasa sedikit lebih baik dan bisa mengendalikan masalah kesehatan mental mereka.

Para ilmuwan menganalisa sebanyak 160 relawan dari mahasiswa yang menyatakan mereka menderita depresi ringan. Setelah itu mereka disuruh untuk bermain video game yang dirancang khusus untuk membantu kesehatan mental.

Dari video game tersebut para peneliti bertujuan ingin mencari tahu jenis depresi dari para relawan. Pertama adalah jenis depresi yang disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan reaksi kimia dalam tubuh atau faktor keturunan. Sedangkan yang kedua adalah depresi yang diakibatkan oleh faktor luar seperti karena ada masalah pekerjaan atau adanya masalah hubungan.

Para peneliti dalam studi itu pun menemukan bahwa sebagian besar dari relawan yang bermain game yang dirancang khusus ini bisa membantu mereka mengotrol depresi yang dialami. Mereka juga menemukan bahwa relawan yang bermain game lebih lama mengalami depresi karena kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor luar.

Para peneliti itu juga menyimpulkan bahwa dengan bermain video game membuat mereka yang menderita depresi bisa mengontrol situasi mereka. Jadi saat bermain video game mereka akan merasa depresinya sedikit membaik dan beban masalah mereka juga sedikit berkurang.

Ternyata bermain video game juga sangat bermanfaat kan Teens. Asalkan kalian nggak berlebihan dan jadi ketergantungan saat main video game maka dampak negatifnya tak akan kalian dapatkan deh.

 

TEEN.CO.ID

 

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait