Di SAG Awards, Selebriti Ramai-Ramai Kritik Kebijakan Imigrasi Donald Trump

Binsar Hutapea | 30 Januari 2017 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden  Donald Trump menerbitkan kebijakan imigrasi baru pada 27 Januari lalu. Terhitung tanggal tersebut,  warga negara dari 7 negara mayoritas Muslim--Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman-- dilarang masuk ke Amerika Serikat selama 90 hari ke depan. Kebijakan ini juga menyerukan penangguhan semua pemukiman pengungsi ke AS selama 120 hari dan larangan tidak terbatas bagi para pengungsi Suriah memasuki AS.

Larangan tersebut membuat sejumlah penumpang pesawat yang berasal dari negara-negara tersebut tertahan di bagian imigrasi di sejumlah bandar udara di AS. Akibatnya muncul gelombang protes meminta agar para pendatang itu dibiarkan masuk ke AS juga meminta pemerintah membatalkan kebijakan imigrasi tersebut.

Tak hanya khalayak, sejumlah selebriti di AS juga meradang dengan kebijakan Donald Trump yang kontroversial itu. Nah, kemarahan tersebut ditumpahkan banyak selebritas di ajang Screen Actors Guild Awards 2017 yang dilaksanakan Minggu (29/1) malam waktu AS. 

Salah satu yang mengkritisi kebijakan tersebut adalah Ashton Kutcher. Di atas panggung SAG Awards 2017, Ashton Kutcher menumpahkan unek-uneknya.

“Selamat petang, rekan-rekan sesama anggota SAG-AFTRA dan semua yang berada di rumah. Dan juga untuk Anda (para imigran atau pengungsi) yang berada di bandar udara, Anda berhak untuk berada di AS. Kami mencintai Anda dan juga menerima Anda," ujar Ashton Kutcher. 

Sebelumnya, Ashton Kutcher juga memprotes kebijakan yang dibuat Donald Trump via akun Twitternya.

"Istriku (Mila Kunis) datang ke AS menggunakan visa pengungsi di masa Perang Dingin. Sekarang ini, darahku mendidih (akibat kebijakan imigrasi Donald Trump). Kita bukanlah negara yang dibangun berdasarkan ketakutan. Kepedulian adalah akar dari negara kita. Perbedaan adalah hal yang paling fundamental untuk kelangsungan bangsa kita," cuit Asthon Kutcher. 

Julia Louis-Dreyfus yang memenangkan penghargaan untuk  Aktris Terbaik untuk Serial Komedi juga menyuarakan kegeramannya pada kebijakan imigrasi yang  dikeluarkan Donald Trump.

"Aku adalah putri seorang imigran. Ayahku lari dari pendudukan Nazi di Prancis karena agama yang dianutnya. Aku adalah seorang patriot dan sangat mencintai AS. Karena aku sangat mencintai AS, aku takut negara ini menjadi rusak karena pelarangan  imigrasi," tegasnya.  

Selain keduanya, ada banyak selebriti lainnya yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap larangan imigrasi yang dibuat Donald Trump di atas panggung SAG Awards 2017. 

 

(bin/bin)

 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait