Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik

Yuriantin Kamis, 4 April 2019 11:45:00
Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Cole Sprouse (26) berperan sebagai penderita cystic fibrosis (CF) atau fibrosis kistik dalam film Five Feet Apart. Ini pencapaian terbesar Cole sepanjang kariernya berakting di layar lebar. Aktingnya menuai pujian. Namun Cole harus menjawab kontroversi soal jalan cerita yang dianggap mengeksploitasi penderita CF. 

Sejak awal, Cole tertarik dengan skrip Five Feet Apart. Ia percaya sutradara Justin Baldoni (35) akan menghasilkan film yang tidak mengecewakan, terutama bagi penderita CF. Cole mulai persiapan syuting dengan riset tentang CF. Ia belajar langsung dari para petugas medis dan pasien CF yang juga ikut mendampingi dalam proses syuting. Cole juga menurunkan bobot tubuh hingga 11 kg agar tampak meyakinkan sebagai pasien CF. 

Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik (dok. CBS Films)
Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik (dok. CBS Films)

Memerankan karakter yang menantang, Cole tak menemukan banyak kesulitan. Apalagi beradegan romantis dengan aktris Haley Lu Richardson (24). Ia mengaku pencinta karya bergenre romantis. Kendati membuat penonton baper dan menuai apresiasi dari komunitas CF, sebagian lagi menilai terdapat beberapa kekeliruan pada film itu. 

Misalnya, judul film yang berarti terpisah 5 kaki (152 cm), seolah menandakan itulah jarak minimal yang harus dipatuhi antarpasien CF. Standar jarak itu seharusnya 6 kaki (182 cm), sesuai anjuran yayasan CF di AS. Jarak ini diterapkan, karena pasien penyakit genetik yang menyerang paru-paru ini rentan terinfeksi kuman. 

Kekeliruan ini dikhawatirkan menyesatkan pasien CF dan menimbulkan persepsi bahwa CF bukan penyakit yang serius. Selain itu, genre romantis film ini dianggap mengeksploitasi penderita CF. Menanggapi ini, Cole mengungkapkan film ini bertujuan meningkatkan kesadaran pasien CF untuk tetap optimistis.

"Kami ingin film ini menjadi semacam harapan dan bukan justru melemahkan (para penderita). Kami memang membuat film yang bertemakan cinta, tapi kami memastikan skrip dan akting yang kami tampilkan membawa perasaan optimistis yang kami rasa penting bagi komunitas CF, bukan hanya penonton umum," ucap Cole. 

Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik (dok. Ist)
Cole Sprouse dan Comeback-nya yang Kontroversi sebagai Pasien Fibrosis Kistik (dok. Ist)

Menurutnya, Five Feet Apart juga berusaha menyajikan informasi seakurat mungkin. Mulai dari menggambarkan pengobatan pasien CF, sisi psikologis, dan segala aspek emosional serta fisik. Soal kritik dari penonton umum, Cole tidak ambil pusing. 

"Orang yang saya paling pedulikan adalah mereka yang berada dalam komunitas CF karena film ini dibuat untuk mereka. Bukan sengaja untuk masyarakat umum. Film ini untuk mereka yang menderita penyakit yang kurang diketahui, yang membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang lain yang peduli," beri tahu Cole. 

(yuri / gur)
 

Penulis Yuriantin
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.