Profil Hendry Tan, Sukses Kembangkan Produk Skincare Lokal di Tengah Pandemi

Ari Kurniawan | 15 Mei 2023 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 jadi pukulan hebat bagi para pelaku usaha. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK demi bisa bertahan. Tapi tidak demikian dengan Hendry Tan, yang justru sukses membangun Tanskin di tengah kondisi perekonomian yang kembang kempis.

Tanskin merupakan produk skincare lokal yang memiliki kepanjangan “Treat And 
Nourish”. Nama tersebut bermakna merawat dan menutrisi kulit sekaligus.

Selain perawatan kulit wajah, Tanskin yang hadir pada 2021 juga sudah merilis produk untuk merawat tubuh lainnya yang bernama TAN Wellness. 

Hendry Tan lahir di Jakarta, pada 15 April 1985. Anak kedua dari tiga bersaudara yang semuanya bergelut di bidang bisnis industri makanan dan skincare. 

Hendry merupakan lulusan salah satu universitas Sydney, Australia dengan jurusan bisnis internasional, tidak heran kalau berbisnis adalah salah satu passion-nya.

Sebelum membuka bisnis sendiri, Hendry Tan bekerja di bidang tekstil untuk meneruskan bisnis keluarganya. Setelah itu bersama kedua saudaranya, dia membuka bisnisfood and beverages pertamanya yang bernama Big Brother Kemang. 

Hendry Tan (Istimewa)

Hendry Tan dan kedua saudaranya bahkan turun langsung ke lapangan untuk membantu operasional selama jam buka outlet. Hal ini dilakukan untuk melihat sendiri masih kurang apa dalam bisnisnya sehingga ke depannya tahu apa yang harus diperbaiki.

“Skincare itu untuk jangka panjang ya, pada saat kalian pakai lebih dulu dua atau tiga tahun, lalu jika dibandingkan dengan umur yang sama dan dia tidak menggunakan skincare itu akan jauh berbeda lho,” ujar Hendry Tan. 

Hal ini menjadi pendukung ia untuk membuat perusahaan skincare, karena ingin menjadi salah satu yang berperan penting untuk merawat kulit masyarakat Indonesia.

Walaupun merilis produk saat pandemi, Tanskin berhasil memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk memasarkan produknya. 

Seiring berjalannya waktu, Tanskin sudah bisa ditemukan di modern market seperti Matahari Department Store, Aeon, dan Sarinah. 

Bukan hanya lewat modern market, Tanskin juga menggandeng reseller untuk memasarkan produknya hingga tersebar luas ke seluruh Indonesia.

Kesuksesan Hendry Tan sebagai founder dari Tanskin tercapai berkat keahliannya dalam melihat peluang. Peluang sekecil apapun ia manfaatkan untuk membesarkan bisnisnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait