Bangga! Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal usai Taklukkan Korea Selatan

Ari Kurniawan | 26 April 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejarah diukir Timnas Indonesia U-23. Tim asuhan Shin Tae Yong berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 usai mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini hari WIB, 26 April 2024.

Timnas Indonesia U-23 sempat dikejutkan oleh gol Korea Selatan pada menit ke-8. Bermula dari situasi bola mati, sapuan yang tak sempurna dari barisan belakang Timnas Indonesia membuat bola mengarah kepada Lee di luar kotak penalti.

Gelandang Gyeongnam FC itu menyambut bola lir dengan tembakan jarak jauh ke sudut kiri gawang untuk menaklukkan Ernando Ari. Namun gol tersebut dianulir karena offside.

Timnas Indonesia berhasil unggul pada menit ke-15 lewat gol indah yang dilesakkan Rafael Struick dari luar kotak penalti. Tendangan kerasnya ke sudut kanan atas gawang Korsel tanpa mampu dihalau kiper Baek Jong-Beom.

Korsel menyamakan kedudukan pada menit terakhir waktu normal babak pertama Korea menyamakan kedudukan. Sundulan Eom Ji Sung mengenai kepala Komang Teguh dan bola masuk ke gawang, hingga membuat skor imbang 1-1.

Supporter Indonesia kembali bersorak di babak pertambahan waktu atau injury time. Rafael Struick berhasil mengelabui pemain lawan sebelum melesakkan bola ke gawang Korsel.

Pada menit ke-68 Korea Selatan harus bermain dengan 10 orang setelah Young Jun diganjar kartu merah karena melanggar Justin Hubner. Keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan Garuda Muda untuk menambah gol. Justru Korsel bisa menyamakan kedudukan 2-2 di akhit waktu normal. Skor tersebut bertahan hingga babak kedua berakhir.

Di babak tambahan, tak satu pun gol tercipta hingga laga harus dilanjutkan dengan adu penalti. Jadi penendang ke-12, Pratama Arhan berhasil menuntaskan pertandingan. Tendangannya berhasil menjadi gol, setelah Ernando sebelumnya mampu menahan tendangan pemain Korea.

Ini menjadi sejarah baru bagi Timnas Indonesia U-23. Sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 berhasil lolos hingga semifinal. Skuad Garuda Muda kini tinggal selangkah lagi mengunci tiket ke Olimpiade 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait