MALIQ & D'Essentials Hingga Yovie & Nuno Bakal Meriahkan HUT Dekranas di Solo

Supriyanto | 9 Mei 2024 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-44, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar serangkaian acara mulai dari pameran hingga parade budaya pada 15 - 18 Mei 2024 di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. 

Acara perayaan HUT Dekranas ke-44 dengan tema "Tumbuh Bersama, Majukan Budaya Warisan Bangsa" ini meliputi pameran kerajinan dan parade budaya yang terbuka untuk umum.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian mengatakan perayaan ulang tahun ke-44 diharapkan bisa terus menggiatkan pelaku industri kecil untuk meningkatkan ekonomi pemerintah.

"Dengan tema ini mudah-mudahan peran Dekranas dapat terus membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, khususnya dari sektor kerajinan nasional, yang merupakan warisan budaya Indonesia," ujar Tri Tito Karnavian di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Pameran kerajinan bakal diselenggarakan di Pura Mangkunegaran dan Lapangan Pamedan Mangkunegaran dengan 257 stan yang menyediakan aneka produk kerajinan dan kuliner khas.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-44 Dekranas ​​​​​​​Loemongga Agus Gumiwang menambahkan, selama pameran Dekranas juga mengadakan acara bincang-bincang mengenai kewirausahaan, pembangunan citra produk, dan tema yang lain.

Musisi kenamaan seperti MALIQ & D'Essentials, Giring Ganesha, Wizzy, dan Yovie & Nuno akan dihadirkan untuk memeriahkan pameran.

Untuk parade budaya akan diikuti oleh perwakilan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari 38 provinsi rencananya dilaksanakan 15 Mei 2024. Sebanyak 100 mobil hias akan diturunkan ke jalan untuk meramaikan acara bertajuk "Parade Bangga Kriya dan Budaya Indonesia" tersebut.

"Ini akan menjadi penampilan akbar karena masyarakat yang datang bakal disuguhkan dengan budaya dan kriya yang secara visual khas Indonesia," jelas Endang Budi Karya, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas sekaligus penanggung jawab pelaksanaan parade budaya.

Loemongga berharap acara-acara yang diadakan untuk merayakan HUT ke-44 Dekranas bisa menjadi panggung untuk menampilkan karya-karya perajin Indonesia serta ajang untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

"Solo sendiri merupakan kota yang amat menyenangkan, nah saat ini ditambah lagi dengan acara ini jadi semoga bisa menambah daya tariknya," pungkas Leomongga.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait