Debat Capres Kedua, KPU Tegaskan Tak Ada yang Gunakan Earpiece

TEMPO | 18 Februari 2019 | 15:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KPU meluruskan isu yang beredar mengenai salah satu capres Jokowi menggunakan alat bantu atau earpiece saat debat capres, Minggu, 17 Februari 2019. Wahyu Setiawan, Komisioner KPU, mengatakan tak ada kandidat presiden baik Jokowi atau Prabowo Subianto memakai earpice. "Capres 01 dan capres 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu. Jadi clear seperti itu," ujar Wahyu saat dihubungi awak media, Senin, 18 Februari 2019.

Sempar beredar isu Jokowi dikabarkan menggunakan alat bantu dengar atau earpiece pada debat kedua di Hotel Sultan Jakarta semalam. Tudingan itu muncul melalui sebuah foto yang viral di media sosial. Foto itu menampilkan dua gambar, yaitu Jokowi sedang menutup telinga bagian kirinya dengan telunjuk. Sedangkan gambar lainnya Jokowi sedang menggenggam bolpoin.

Foto yang beredar itu juga menampilkan sejumlah pertanyaan. "Ada apa di kuping? Ada wireless earphone? Apa yang sedang didengarkan? Mendengarkan arahan? Atau mendengarkan rekaman jawaban? Kenapa pulpen sering dipencet? Alat untuk komunikasi? Atau on/off player audio untuk panduan?"

Menanggapi isu yang beredar Jokowi telah membantah menggunakan alat bantu saat debat. "Ada-ada saja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diteruskanlah," kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin, 18 Februari 2019. Jokowi mengatakan tidak menggunakan alat bantu apapun. Benda di tangannya hanyalah pulpen biasa. "Ini pulpen. Cek aja, jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," tegasnya.

Debat kedua calon presiden malam tadi mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat capres kedua berbeda dengan sebelumnya. Selain hanya menghadirkan capres, salah satu perbedaan utama adalah tidak adanya kisi-kisi pertanyaan yang disampaikan oleh tim panelis untuk capres Jokowi dan Prabowo.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait