Lewat Instagram, Menteri Keuangan Sri Mulyani Berbagi Kiat Sukses

TEMPO | 12 Oktober 2017 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata memperhatikan semua pertanyaan yang diajukan padanya. Berdasarkan pengalamannya, ada satu pertanyaan yang selalu diterima dari banyak pihak. Melalui akun instagramnya, @smindrawati Menteri Sri Mulyani bercerita saat menjadi pembicara kunci pada acara US - Indonesia Women's CEO Summit di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu 11 Oktober 2017.

Di depan para CEO wanita, Menteri Keuangan Sri Mulyani berbagi pengalaman dan pertanyaan yang sering dilontarkan padanya. "Bagaimana menjadi seorang menteri dan sekaligus istri serta ibu rumah tangga?" katanya. Menurutnya, ada empat hal penting untuk menjadi wanita karir yang sukses.

Pertama, role model atau teladan dari keluarga. Di keluarga, ayah dan ibunya pendidik yang mengabdi di kampus sebagai dosen. Menurut Sri Mulyani, sang ibu inspirasi dan teladan baginya. "Walaupun harus mengasuh dan membesarkan anaknya yang berjumlah sepuluh orang, dia berhasil memperoleh gelar doktor," kata Sri Mulyani yang mengagumi ibunya.

Kedua, dukungan keluarga yang memotivasi. Selain orangtua yang selalu mendukung, dukungan suami dan anak-anak sangat penting. "Tidak ada hal yang tidak mungkin bila semuanya mendukung. Keluarga mitra utama kita," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ketiga, selalu memberi yang terbaik. Ia mengatakan menghabiskan sebagian besar waktu kita 8-10 jam di tempat bekerja pasti akan memberikan rasa bersalah bagi wanita yang juga seorang ibu dan istri. "Rasa bersalah harus dikompensasi dengan melakukan semua pekerjaan dengan baik, sehingga tidak ada penyesalan," lanjutnya.

Keempat, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan seorang wanita harus saling memberi semangat dan motivasi kepada sesama wanita pekerja. Alasannya perjalanan karir seorang wanita tidak mudah. "Diperlukan pemberdayaan dan penguatan agar dapat saling mendukung," katanya.

Tapi di luar itu semua, ketika di rumah, jangan lupa melepaskan atribut di tempat bekerja. "Berlaku sebagaimana seorang wanita yang menjadi istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak kita,” tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait