Penyembelihan Kerbau Awali Rangkaian Acara Adat Pernikahan Kahiyang Ayu

Binsar Hutapea | 24 November 2017 | 07:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Prosesi adat Manopot Horja atau pernikahan adat Mandailing antara Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu akan berlangsung di Kompleks Bukit Hijau Residensi, mulai Jumat (24/11) hingga Sabtu (25/11) ini, yang kemudian dilanjutkan dengan resepsi pada Minggu, 26 November 2017. 

Adapun tahap awal dari manopot horja adalah manalpokkon lahanan (menyembelih kerbau). Acara ini digelar pada Jumat (24/11) pagi ini sekitar pukul 06.00 WIB. 

“Acara pemotongan kerbau ini merupakan landasan atau tingkatan dari acara yang akan dilakukan. Yang dipotong hanya satu ekor saja meskipun ada beberapa kerbau yang disumbang oleh keluarga,” tutur Dr. Darmin Nasution, selaku suhut (pihak yang menggelar hajat) yang mewakili keluarga besar Nasution di acara konferensi pers yang digelar Kamis (23/11) di Media Center BHR 123 Medan. 

Hewan kerbau dipilih karena acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dikategorikan sebagai acara adat besar. 

“Apabila suhut atau empunya hajat tidak mengadakan pesta secara besar-besaran, maka dia bisa mengurbankan seekor ayam. Hewan kambing bisa dipilih untuk memenuhi syarat kurban pesta kelas menengah, sedangkan pesta besar mensyaratkan kurban minimal seekor kerbau. Dalam hal jumlah hewan yang akan dikurbankan pun, hukum adat Mandailing hanya mensyaratkan seekor hewan, tetapi jika suhut mampu mengurbankan lebih pun tak jadi soal,” ujar H. Pandapotan Nasution, SH, tetua adat yang juga hadir di acara konferensi pers.

(bin/ari)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait