Hari Ibu, Cara Novita Angie Ajarkan Disiplin pada Anak Bisa Jadi Inspirasi

TEMPO | 22 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Novita Angie memiliki cara sendiri dalam mengasuh anaknya, yang bisa dijadikan inspirasi di Hari Ibu pada 22 Desember. Terlebih lagi kedua anak Novita Angie, Jeremi Rajasa dan Jemima Jasmine sudah beranjak remaja. “Saya dan suami satu suara, walau kadang suami enggak setuju, protesnya tidak di depan anak,” ujarnya.

Paling utama dalam mendidik kedua anaknya bagi Novita Angie, menerapkan kedisiplinan dengan cara yang tegas. Meski kadang banyak orang tua yang tidak pernah menerapkan larangan pada anak, dia berprinsip untuk mengajarkan disiplin tidak bisa dengan cara yang halus. “Ada cara di mana kita harus tegas, disiplin dalam sopan santun, misalnya salim kalau ketemu sama ini, hari ini salim besok enggak, bilang terima kasih, minta tolong, harus terus diingatkan,” ujar istri Sapto Haryo Rajasa ini.

Novita Angie tidak pernah memaksakan anak untuk menekuni bidang tertentu karena setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihan. Dia sadar sebagai orang tua sudah harusnya memiliki kepekaan untuk melihat potensi masing-masing anak. Kedua anaknya memiliki minat dan karakter yang berbeda-beda. Jemima yang lebih ekspresif dan ambsisius menyukai hal-hal yang bersifat akademis. Sedangkan kakaknya, Jeremi, lebih menyukai hal-hal yang bersifat seni.

Novita Angie mencontohkan Jeremi awalnya lebih senang bermain game. Namun lama kelamaan dia mulai menemukan bidang yang diminatinya. Saat itu Jeremi terlihat senang memainkan gitar, dia menawarkan kepada Jeremi untuk mengikuti les gitar bersama adiknya, yang sudah les lebih dulu. Meski awalnya Jeremi menolak, kini dia lebih handal bermain gitar dibanding adiknya. “Memang benar orang tua harus lebih peka, lagi senang main-main gitar. ajak untuk les gitar, sekarang malah lagi senang main basket, walaupun tidak suka olahraga,” ujar perempuan berusia 42 tahun ini.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait