Perjuangan Dr Ayu Widya, Dari Modal 5 Juta Kini Miliki Klinik Kecantikan Top di Banjarmasin

Vallesca Souisa Kamis, 17 Desember 2020 15:30:23
elepas menempuh pendidikan lanjutan di beberapa negara, Dokter Ayu Widya membuka praktik mandiri di rumah. (Istimewa)

TABLOIDBINTANG.COM - Kalau jalan-jalan ke Banjarmasin dan melewati Jalan Mahligai No.21, Pemurus Luar, di sana terlihat klinik kecantikan cukup megah, Widya Esthetic Clinic. Klinik kecantikan ini dibangun seorang wanita muda, dr. Ayu Widya., MM master of AAAM Master of IBAMS. Usianya masih 30 tahun, tetapi sudah memiliki klinik 30 bed dengan fasilitas inovatif dan cukup populer di Banjarmasin.

Mungkin Anda mengira, ah dia dari keluarga kaya atau terpandang sehingga sudah punya usaha sukses di usia muda. Nyatanya tidak. Dokter cantik yang akrab disapa Widya ini berasal dari keluarga biasa-biasa saja, dan memulai usahanya dengan modal sendiri yang tidak besar. “Saya bukan anak siapa-siapa. Ayah saya lulusan SD. Ibu hanya lulusan SMP. Dari kecil, syukurnya, saya selalu dituntut untuk berprestasi. Alhamdulilah juara 1 terus. Sampai dapat beasiswa. Menyelesaikan SMA dalam waktu 2 tahun, mendapatkan akselerasi,” ungkap Widya.

 Dokter Ayu Widya bersyukur setelah mengambil kuliah kedokteran
Dokter Ayu Widya bersyukur setelah mengambil kuliah kedokteran

Masuk kuliah kedokteran juga menempuh jalur prestasi dan beasiswa. Kemauan mengubah nasib dan kegigihan-lah yang mengantar Widya menjadi dokter, hingga bisa mengelola usaha sendiri. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Untuk mendapatkan semua ini, saya harus kerja keras sendir dari nol”, ucap Widya, ibu dari dua anak ini.

Ia bersyukur setelah mengambil kuliah kedokteran, bisa mengambil spesialisasi dermatologi estetik dan ada institusi yang memberinya beasiswa lagi untuk melengkapi keahliannya hingga ke beberapa negara. “Saya dapat tawaran menempuh pendidikan di Korea Selatan, jadi saya mengambil Master di Korsel, kemudian di Australia, dan Paris,” ujarnya.

Selepas menempuh pendidikan lanjutan di beberapa negara, Widya yang memang sejak awal tak mau bekerja pada orang, langsung membuka praktik mandiri di rumah dengan satu bed. Saat itu usianya masih 25 tahun. “Tahun 2016 saya buka di rumah, dengan bed yang bisa saya ubah jadi kursi tamu dan bed pasien sekaligus,” bilang Widya. Selain bed, Widya membeli mesin facial. Makanya, dia bisa mengatakan modalnya di awal Rp5 juta. “Saya waktu itu Cuma beli 1 bed dan mesin facial, jadi saya memang memulai dengan 5 juta saja.”

Dokter Ayu Widya memulai Widya Esthethic Clinic dengan 1 bed dan 1 mesin facial. (Istimewa)
Dokter Ayu Widya memulai Widya Esthethic Clinic dengan 1 bed dan 1 mesin facial. (Istimewa)

Widya Esthethic Clinic pun beroperasi, dengan fokus mengutamakan kualitas, kompetensi, serta menjalin hubungan jangka panjang dengan pasien. Tanpa menunggu waktu lama, tepatnya pada tahun 2017, dr. Ayu berhasil mengepakkan sayap bisnisnya. Dari sebuah klinik kecil di rumahnya, menjadi sebuah klinik kecantikan besar di sebuah ruko di kota Banjarmasin. “Saya memberanikan diri untuk mencicil satu ruko dengan 4 bed, untuk perawatannya. Alhamdulilah seriring waktu , berkat pemasaran dari pasien, dari mulut ke mulut, Widya Esthethic Clinic bisa dikenal luas,” jelasnya. Dari 1 ruko kemudian berkembang jadi 2 ruko, lalu 3 ruko, hingga kini mempunyai 30 bed untuk perawatan.

Widya Esthetic Clinic menyediakan beragam pelayanan kecantikan lengkap untuk wajah dan tubuh, mulai dari whitening, antiaging, antioxidant, botox, laser, royal glow, stem cell, dan masih banyak lagi. “Insya Allah lengkap, tidak kalah dengan klinik-klinik yang berkembang pesat di Jakarta.”

Penulis Vallesca Souisa
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.