KALEIDOSKOP 2018: 5 Sinetron Indonesia Paling Asyik 2018

Panditio Rayendra | 29 Desember 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tahun 2018, sejumlah sinetron yang tayang sejak 2017 atau sebelumnya masih berjaya. Sebut saja Dunia Terbalik dan Tukang Ojek Pengkolan yang sudah menembus 1000 episode, Anak Langit yang telah menembus 900 episode dan Jodoh Wasiat Bapak dengan 800 episode. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tabloidbintang.com membuat daftar sinetron paling asyik sepanjang tahun 2018. Namun kami sengaja tak memasukkan juara bertahan seperti empat judul yang kami sebut di atas. Kami hanya memasukkan sinetron yang mulai tayang pada tahun 2018 dan mampu mencetak rating baik. Adakah sinetron favorit Anda?

Berikut 5 Sinetron Indonesia Paling Asyik 2018.

CINTA YANG HILANG (RCTI, MNC Pictures)
Ratna Galih yang sempat vakum dari industri hiburan sekitar tiga tahun, kembali unjuk kebolehan berakting di Cinta yang Hilang, dan sukses besar. Cinta yang Hilang menjadi sinetron andalan RCTI sejak tayang pada 14 Mei 2018. Cinta yang Hilang berkisah tentang perempuan desa bernama Mira (Ratna Galih) yang mengajak dua anaknya, Ilham (Alwi Assegaf) dan Indah (Audrey Junica Putri) ke Jakarta. Alangkah kagetnya Mira saat tahu Dani sang suami, telah berganti nama menjadi Yudha (Teddy Syach) dan menikah lagi dengan Rianti (Rianti Cartwright). Sinetron yang juga dibintangi Jonathan Frizzy, Ashraf Sinclair, Ririn Dwi Ariyanti, Evan Sanders dan Masayu Anastasia ini pintar menciptakan konflik yang mengaduk emosi. Sampai bulan Desember atau setelah tujuh bulan tayang, Cinta yang Hilang masih kerap menempati posisi 1. Cinta yang Hilang mendapat penghargaan Indonesian Television Awards 2018 kategori Program Primetime Drama Terpopuler.

CINTA SUCI (SCTV, SinemArt)
Asmirandah dan Jonas Rivanno comeback setelah lima tahun menghilang dari dunia hiburan lewat Cinta Suci, yang tayang mulai 17 September 2018. Tak bisa dipungkiri, meski bukan pemeran utama, sosok Asmirandah dan Jonas Rivanno menjadi magnet buat menarik penonton di awal episode. Tapi lambat laun, chemistry pasangan utama, Irish Bella dan Ammar Zoni, mampu membius penonton. Suci (Irish) dan Adit (Jonas) awalnya suami istri yang bahagia dengan anak, Roni (Radja Nasution). Suatu hari Adit dan Roni kecelakaan hingga luka parah. Suci minta bantuan ke Marcel (Ammar), teman SMA-nya yang ternyata menaruh hati. Marcel memberi syarat, Suci harus bercerai dengan Adit dan menikah dengan Marcel. Suci menerima syarat itu. Awalnya Suci berat menerima Marcel sebagai suami. Namun kegigihan Marcel membuat Suci perlahan luluh. Di bulan November 2018, Cinta Suci diganjar Sinetron Paling Ngetop 2018, diiringi dengan kabar Irish dan Ammar berpacaran.

ORANG KETIGA (SCTV, SinemArt)
Pesinetron remaja era 2000-an yang kini telah dewasa, dipertemukan dalam sinetron Orang Ketiga. Marshanda, Naysilla Mirdad, Rionaldo Stokorst, Samuel Zylgwyn terjebak dalam jaring cinta yang rumit. Adalah Afifah (Naysilla Mirdad) yang hidupnya terlihat sempurna bersama suaminya, Aris (Rionaldo Stokhorst). Tak disadari Afifah, Aris terlibat perselingkuhan dengan mantan kekasihnya, Yuni (Marshanda). Pernikahan Afifah dan Aris akhirnya menempuh jalan perceraian. Namun ini tak membuat Aris dan Yuni lantas bersatu. Munculnya karakter Putra (Marcell Chandrawinata) yang mendekati Yuni, serta Rossy (Ochi Rosdiana) yang menyukai Aris, membuat segalanya kian rumit. Sementara Afifah menemukan kebahagiaan barunya dengan Rangga (Samuel Zylgwyn). Sinetron yang tayang sejak 15 Januari 2018 ini mampu bertahan dengan share di atas 16% selama hampir setahun tayang. Akting prima dan konflik greget yang silih berganti menjadi kekuatan Orang Ketiga. Sinetron Orang Ketiga meraih penghargaan Anugerah Lembaga Sensor Film 2018 kategori Sinetron Serial Romansa Terbaik dan Serial TV Terpuji versi Festival Film Bandung 2018.

KUN ANTA (MNCTV, MNC Pictures / DNA Productions)
Imej yang kuat sebagai stasiun TV dengan tayangan anak di slot primetime, dimanfaatkan dengan baik oleh MNCTV. Ia menayangkan sinetron Kun Anta. Bercerita soal Haikal (Nasar Anuz) anak yang keras kepala, dan tak mau mengalah sehingga dicap bandel. Ia lalu berpisah dari keluarganya untuk masuk ke pesantren. Di sinilah ia menemukan pelajaran berharga seputar pertemanan, agama dan nilai kehidupan. Tak hanya pemain anak, Kun Anta juga menampilkan karakter Ustad dan Ustadzah yang diperankan Zidni Adam Jawas dan Mellya Bhaskarani. Terlepas banyak adegan slapstick dan imajinasi yang terkadang berlebihan, Kun Anta bertahan tayang selama delapan bulan dan menjadi sinetron tersukses di MNCTV tahun ini.

KARMA THE SERIES (ANTV, Multivision Plus)
Program Karma yang dipandu Robby Purba dan Roy Kiyoshi menjadi andalan ANTV sejak tayang Desember 2017. Melihat sukses program tersebut, ANTV menggandeng Multivision Plus untuk memvisualisasikan kisah partisipan program Karma lewat program sinetron episodik, Karma the Series. Pada episode-episode awal, Karma The Series menampilkan Roy Kiyoshi dan Evan Sanders yang diceritakan menjadi penyelamat para partisipan. Tapi setelah sekitar dua atau tiga pekan tayang, Karma the Series hanya mencuplik sosok Roy dari program Karma Show. Meski tak diperkuat pemain terkenal, Karma the Series kerap menempati 5 besar dan tayang dua kali sehari, Karma The Series Siang alias Jalan Hidup serta Karma The Series Malam, dnegan total 253 episode. Kesuksesan Karma The Series ini lantas diteruskan dengan program sinetron episodik sejenis yaitu, Roy Kiyoshi Anak Indigo, Karma Baik The Series, Ganjaran Hidup sampai Menembus Mata Bathin The Series

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait