4 Kuliner Kalimantan Timur Rekomendasi Ririn Ekawati

Panditio Rayendra Senin, 8 Juli 2019 14:15:32
Ririn Ekawati (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Libur sekolah tahun ajaran baru telah dimulai. Bagi Anda yang belum punya ide hendak mengajak keluarga pelesir ke mana, Ririn Ekawati punya rekomendasi menarik. Ririn Ekawati menyarankan Anda dan keluarga terbang ke Kalimantan Timur. Selain panorama yang elok, provinsi yang satu ini, menurut Ririn Ekawati, menyimpan banyak pusaka kuliner yang layak dijajal. Bintang film Di Balik 98 dan Bodyguard Ugal-ugalan merekomendasikan empat makanan favorit untuk Anda, apa saja?

bubur Kalimantan (Ryan Muhjani / tabloidbintang.com)
bubur Kalimantan (Ryan Muhjani / tabloidbintang.com)


Bubur ayam Samarinda

Salah satu yang populer dan layak disebut makanan sejuta umat. “Bubur ayam Samarinda ini isiannya banyak dan meriah menyerupai bubur ayam di Jakarta. Kuahnya kuning dan buburnya tenggelam oleh kuah. Enak sekali dan penampilannya sepintas seperti soto,” cerita Ririn kepada tabloidbintang.com.


Sup singkong ceker

Singkong ternyata bisa dijadikan bahan isian untuk sup yang dipadukan dengan wortel dan daging ayam misalnya, ceker. “Disajikannya benar-benar seperti sup yang selama ini kita nikmati. Rasanya gurih, disajikan hangat saat cuaca dingin wah rasanya juara sekali,” beri tahu Ririn Ekawati.


Pisang gapit

Selesai makan berat, saatnya melirik hidangan penutup. Ririn Ekawati membeberkan, di Kalimantan Timur, ada pisang gapit. “Pisang gapit ini kurang lebih mirip dengan pisang epe di Makassar, Sulawesi Selatan. Pisangnya dijepit, dibakar, diberi bumbu menyerupai selai yang menghasilkan aroma harum pun bisa. Rasanya perpaduan manis dan gurih. Anda harus coba,” ujarnya.

ilustrasi kepiting
ilustrasi kepiting


Kepiting kenari Balikpapan

Restoran kepiting kenari, salah satu legenda kuliner di Kalimantan Timur. Pelesir ke Kalimantan Timur rasanya belum sah kalau belum mampir ke rumah makan ini. Ada sejumlah pilihan olahan, salah satu yang digandrungi kepiting lada hitam. Kepiting yang disajikan warnanya kehitaman pertanda bumbu ladanya meresap sempurna. “Ini memang yang paling enak di Balikpapan. Enggak heran kalau sampai dijadikan oleh-oleh,” imbuh Ririn Ekawati.

(ray / ray)

Penulis Panditio Rayendra
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.