10 Peristiwa Viral di Tahun 2016 (1)

Andira Putri | 27 Desember 2016 | 15:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2016 diisi dengan berbagai peristiwa menghebohkan. Ada peristiwa unik, lucu, mengharukan hingga tragis. Setiap peristiwa memiliki sisi menarik tersendiri. Tidak heran bila banyak dari peristiwa tersebut yang menjadi viral di media sosial.

Kami memilih 10 peristiwa paling viral sepanjang tahun 2016. Apa saja peristiwa tersebut? Berikut daftar lengkapnya:

1. Bom Sarinah

Peristiwa bom Sarinah mengagetkan publik di awal tahun 2016. Sejumlah bom meledak di pos polisi, gerai Starbucks, dan Menara Cakrawala yang terletak di kawasan Sarinah tanggal 14 Januari. Akibat bom Sarinah, delapan orang meninggal dunia.

Kecepatan media sosial membuat peristiwa bom Sarinah menjadi viral. Sejumlah netizen yang bekerja di sekitar lokasi ledakan memberikan update informasi beserta foto dan video saat kejadian. Selain viral dari segi update informasi, peristiwa Bom Sarinah ikut membuat orang-orang yang berada di lokasi kejadian menjadi viral. Contohnya, Kombes Krishna Murti dan anggota polisi lain yang beraksi melawan teroris dengan polo shirt Turn Back Crime. Ada juga cerita tukang sate yang tetap cuek berjualan di tengah kehebohan ledakan.

2. Jessica Kumala Wongso dan Racun Kopi Sianida

Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin juga mengejutkan orang-orang di awal tahun 2016. Wayan Mirna Salihin meninggal dunia setelah meminum es kopi Vietnam di kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta tangga 12 Januari. Wayan Mirna Salihin diduga diracuni temannya, Jessica Kumala Wongso yang sampai di kafe lebih awal dan memesan minuman. Jessica Kumala Wongso dituduh memberikan racun sianida ke dalam minuma Wayan Mirna Salihin.

Kasus ini bergulir panjang, sehingga publik bisa menyaksikan prosesnya secara detail. Netizen pun sibuk berdebat tentang apa yang sebenarnya terjadi saat Wayan Mirna Salihin meninggal dunia. Kasus ini berakhir pada Kamis (27/10) dimana Jessica Kumala Wongso divonis 20 tahun penjara karena dianggap terbukti membunuh Wayan Mirna Salihin.

3. Pokemon Go

Permainan Pokemon Go sempat menghebohkan masyarakat di seluruh dunia pada bulan Juli hingga Agustus 2016. Pokemon Go adalah permainan smartphone berbasis augmented reality. Permainan ini menggabungkan dunia virtual dan nyata. Lewat Pokemon Go, Anda akan diajak untuk mencari Pokemon yang tersebar di sejumlah lokasi. Wujud Pokemon hanya ada di dalam smartphone, tetapi lokasi yang ditampilkan adalah lokasi nyata.

Konsep unik Pokemon Go membuat permainan ini secara cepat diminati publik. Pemandangan orang-orang bergerombol di suatu tempat sambil memegang handphone untuk mencari Pokemon bukanlah sesuatu yang asing beberapa bulan lalu. Mereka bahkan rela berburu hingga ke tempat jauh dan tidak biasa seperti kantor polisi. Kehebohan Pokemon Go menjadikan kata ini sebagai kata paling banyak dicari di Google Indonesia tahun 2016.

4. Mannequin Challenge

Mannequin Challenge menjadi viral sejak bulan November 2016. Tantangan ini menampilkan aksi sejumlah orang berdiam diri seperti patung manekin di sela-sela kegiatan mereka. Aksi mereka direkam dalam bentuk video dengan lagu latar 'Black Beatles' milik rapper Rae Sremmurd. 

Mannequin Challenge pertama kali dilakukan oleh siswa-siswa SMA di Amerika Serikat. Mereka mengunggah video Mannequin Challenge di media sosial dan secara cepat menjadi viral. Masyarakat awam lalu mengikuti aksi tersebut di berbagai lokasi seperti rumah dan kantor. Mannequin Challenge tidak hanya menjamur di kalangan masyarakat awam, tetapi juga figur terkenal seperti selebriti internasional. 

5. Awkarin

Kepopuleran Awkarin membuktikan betapa kuat pengaruh media sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Karin Novilda alias Awkarin adalah seorang gadis remaja berusia 19 tahun yang aksinya mengundang kontroversi di media sosial. Selebgram ini kerap mengunggah foto mengenakan pakaian terbuka, menunjukkan kemesraan bersama pacarnya, dan berbicara dengan kata-kata kasar. Puncaknya adalah ketika Awkarin mengunggah video Youtube saat memberikan kejutan ulang tahun untuk mantan pacarnya kemudian curhat menangis karena putus cinta. 

Aksi kontroversial Awkarin mengundang kekhawatiran publik hingga ia dipanggil Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Meskipun begitu, popularitas Awkarin tidak berkurang. Awkarin tetap aktif mengunggah foto dan video di media sosial. Awkarin juga berhasil mengantongi uang puluhan juta dari hasil endorse dan jumlah pengikut di media sosial.

(dira/yb)   

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait