Hanung Bramantyo Minta Iqbaal Ramadhan Hidup Layaknya Budak

Ari Kurniawan | 20 Juni 2019 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah sukses memerankan Dilan, Iqbaal Ramadhan akan muncul sebagai Minke di film Bumi Manusia. Film ini diangkat dari novel legendaris berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. 

Minke merupakan pemuda yang hidup di era 1800-an. Ini membuat pekerjaan Iqbaal Ramadhan jadi lebih sulit. Tidak banyak refernsi yang bisa ia pelajari untuk perannya kali ini. 

Selain membaca buku, Iqbaal Ramadhan mendapat gambaran tentang sosok Minke dari Hanung Bramantyo, selaku sutradara. Salah satunya, Hanung meminta Iqbaal untuk hidup layaknya orang Indonesia di abad 18, yang penuh dengan keterbatasan. 

"Aku minta dia makan di lantai, ngepel, tidur jangan pakai kasur, harus pakai tikar. Coba jadi budak untuk di rumahmu sendiri. Itu yang saya kasih," kata Hanung Bramantyo, di sela peluncuran poster film Bumi Manusia di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (18/6). 

Iqbaal Ramadhan menjalankan apa yang diminta Hanung. Diakui Iqbaal, kehidupannya saat ini jauh lebih enak ketimbang remaja di masa Minke. 

"Saya lahir saat negara saya sudah enak, kehidupan udah jauh lebih baik. Saya tidak pernah merasakan bagaimana zaman Eyang Pram dulu. Ternyata susah sekali untuk mendapatkan apa yang kita dapat sekarang," tutur Iqbaal Ramadhan. 

Film Bumi Manusia akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019. Selain Iqbaal Ramadhan dan Mawar Dr Jogh, film ini juga menghadirkan Sha Ine Febryanti, Donny Damara, Giorgino Abraham, dan Jerome Kurniawan. 

(ari)
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait