Denny Chasmala: Vokal Reza Artamevia Tak Sejernih Dulu, Energi Bermusiknya Menurun Drastis

Wayan Diananto | 11 September 2016 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 2009, Reza Artamevia mencoba comeback.

Album Ketulusan tak jelas kelanjutannya, dia merilis The Voicer. Album itu memfiturkan sembilan hit lawas dan tiga lagu baru, “Ketulusan” yang sudah direkamnya pada kurun 2004-2005, “Keyakinan”, dan “Tidakkah Kau Lihat.”

Denny Chasmala mengatakan, Reza kala itu tak punya banyak waktu untuk merekam lagu demi lagu.

“Setahu saya ia hanya sempat merekam satu lagu baru. Dua lagu baru lainnya itu stok yang dirilis ulang. Kondisinya saat itu, Reza susah dihubungi. Bahkan perusahaan rekaman pun sulit menariknya kembali ke studio,” imbuhnya.

Pada fase inilah, Denny Chasmala benar-benar kehilangan karib lama. Kualitas vokal Reza tak sejernih dulu. Energi bermusiknya menurun drastis.

Denny lantas terkenang momen-momen saat mengerjakan album Keajaiban dan Keabadian. Setelah dua album laris itu diserap pasar, Reza-Denny menjalani roadshow. Reza menebar suara sensualnya ke berbagai kota dalam konser “The Touch of Reza”.

Denny Chasmala dan Reza Artamevia menumpangi bus yang sama, menginap di hotel yang sama. Menjadi tim solid.

“Reza pribadi yang menyenangkan. Ia enggak suka bergosip. Sangat fokus. Yang dia tahu, hanyalah menyanyi dan mencintai keluarga. Pernah suatu ketika ia kurang puas dengan sebuah show. Dia tampak terpukul dan sedih. Itulah seniman,” Denny menukas.

Reza di akhir dekade ‘90-an hingga awal milenium adalah definisi vokal yang prima.

“Sekarang kualitas vokalnya (maaf) menurut saya berbeda jauh. Itu saya rasakan sejak tahun 2004 ke 2005. Beberapa kali saya bertemu dengannya, saya perhatikan tatapan mata Reza kosong. Kalau bertemu, ia buru-buru ingin pergi. Saya tidak berani menduga bahwa ia memakai (narkotik). Saya tidak tahu. Mungkin saja ia sedang depresi (tertekan) karena masalah rumah tangga,” tutur Denny.

Penulis lagu “Berharap Tak Berpisah” ini kemudian melayangkan simpati dan semangat buat Reza. Ia berharap kelak bisa berkolaborasi kembali dengan ibu dua anak itu.

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait