MotoGP Prancis: Ini Penyebab Valentino Rossi Jatuh di Lap Terakhir

TEMPO | 22 Mei 2017 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nasib sial dialami Valentino Rossi di MotoGP Prancis 2017. The Doctor jatuh di lap terakhir karena tidak mengerem ban belakangnya dengan benar. Begitulah alasan yang diungkapkan tim Yamaha MotoGP.

Rossi melorot ke peringkat 3 klasemen pebalap, sementara MotoGP Prancis dimenangi oleh rekan satu timnya di Yamaha, Maverick Vinales.

"Sejujurnya, apa yang menyebabkan kecelakaan di MotoGP Prancis saya tidak tahu. Biasanya yang menyebabkan jatuh adalah selip di ban depan, namun ini saya mengalami selip di ban belakang. Apapun penyebabnya, bagi saya jika mengalami kecelakaan sudah pasti saya membuat sebuah kesalahan," ujar Rossi.

Berbeda dengan sang pebalap, tim Yamaha MotoGP mengatakan bahwa Rossi jatuh karena dia tidak mengerem dengan benar saat memasuki tikungan 11. Dia lebih berkonsentrasi untuk mengerem bak depannya, dan kurang memberikan tekanan rem pada ban belakang. Kurang mengerem itu mengakibatkan selip, yang membuat Rossi jatuh.

"Di tikungan 6 saya memang melaju terlalu cepat, dan mengerem 1 kilometer lebih lambat dibandingkan yang seharusnya. Itu sudah cukup untuk membuat saya melebar di tikungan dan akhirnya lawan bisa mengambil keuntungan. Itu kesalahan besar yang saya lakukan dalam balapan tadi," kata Rossi lagi.

Ini adalah kegagalan finis yang pertama bagi Rossi dalam pergelaran MotoGP 2017. Selain Vinales, dua pembalap lain yang naik podium adalah Johann Zarco sebagai runner up dan Dani Pedrosa di podium ke-3.

Seri MotoGP 2017 selanjutkan akan digelar pada 4 Juni mendatang, yaitu MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait