[RESENSI FILM] Zootopia: Jadi Berani dan Jangan Stereotyping

Panditio Rayendra | 17 Februari 2016 | 18:09 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KISAH hangat penuh makna kembali dihadirkan oleh Walt Disney Animation Studios lewat Zootopia.

Sosok kelinci perempuan optimis dan bersahaja, Judy Hopps (diisi suara Ginnifer Goodwin) sangat berambisi menjadi polisi sejak kecil.

Ketika dewasa, Judy berhasil lulus akademi polisi dan meninggalkan kampung halamannya, Bunnyborrow, untuk ditugaskan di Zootopia.

Zootopia adalah kota metropolitan yang dihuni berbagai binatang. Di sini, Judy diremehkan. Mereka yang jadi polisi biasanya binatang buas atau memiliki fisik besar.

Kepala Polisi Bogo (Idris Elba) menugaskan Judy untuk menjadi petugas tilang. Meski sedih karena job-desc tak sesuai asa, Judy tetap menjalankan tugasnya dengan semangat.

Saat bertugas, Judy berkenalan dengan Nick Wilde (Jason Bateman). Kesan pertama kurang baik karena Judy ternyata dikerjai oleh Nick.

Namun sebuah kasus membawa Judy kembali bertemu Nick, yang dianggapnya bisa membantu menemukan petunjuk.

Judy terpaksa mengiyakan tantangan Bogo untuk menyelesaikan kasus orang hilang ini dalam 48 jam, atau mundur dari kepolisian. Petualangan pun dimulai.

Banyak pesan penting yang disampaikan film ini, dengan cara yang jauh dari kesan menggurui. Judy, yang waktu kecil pernah di-bully, terus berusaha melawan rasa takutnya.

Stereotip sebagai binatang lemah, juga tak menyurutkan niat Judy untuk melakoni profesi berbahaya, di antara rekan polisi yang kebanyakan bertubuh besar seperti harimau atau gajah. 

Penggambaran binatang di Zootopia begitu menggemaskan, dan ditampilkan dengan 'manusiawi'. Lihatlah karakter pelengkap seperti penyanyi pop Gazelle (Shakira) yang genit, seolah menjadi cerminan penyanyi pop muda Amerika Serikat masa kini angkatan Ariana Grande.

Naskah yang ditulis Jared Bush dan Phil Johnston tak membosankan bagi penonton dewasa. Melihat usaha Judy dan Nick menyelesaikan kasus, ibarat menonton film detektif. Kejutan demi kejutan disajikan di sini. Bukan film Disney namanya jika tak menyelipkan momen dramatis.

Sutradara Byron Howard, Rich Moore dan Jared Bush sukses menampilkan imajinasinya lewat animasi yang begitu menawan mata. Tak ketinggalan original soundtrack yang catchy, Try Everything yang dibawakan Shakira dengan enerjik.

Baca: Alvin and the Chipmunks: The Road Chip: Berprasangka Baik, Berakhir Buruk

(ray/gur)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait